5268

GoldenLovers, Anda mungkin pernah mengalami sembelit saat bepergian atau berlibur. Ya, memang masalah pada turis ketika berlibur tak hanya diare tetapi juga konstipasi atau sembelit. Ini umumnya terjadi karena Anda berada di lingkungan yang baru. Terkadang, beberapa orang sudah terbiasa dengan lingkungannya sehingga membuat sistem pencernaan Anda terganggu, perut menjadi kembung, dan sistem tidak berjalan normal.

Di sini, pakar kesehatan berpengalaman memberikan beberapa tips agar liburan Anda bebas dari sembelit seperti dilansir dari Prevention.com

1. Minum cuka sari apel setiap hari

Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dalam sedikit air dan minum 15-30 menit sebelum makan, bisa memperkuat sistem pencernaan Anda. Ini membantu merangsang produksi air lambung yang penting untuk menurunkan makanan dengan benar. Cuka sari apel membantu pencernaan dengan membuang kembung dan kram perut serta mengoptimalkan buang air besar.

2. Minum selalu teh jahe

Selama perjalanan dengan udara, perbanyak minum teh jahe. Jahe dapat menghilangkan stagnasi dalam tubuh, membuat tubuh tetap terhidrasi, meningkatkan sirkulasi, meminimalkan pembengkakan di kaki. Saat berada di lokasi liburan, perbanyak buah-buahan dan sayuran. Manfaat waktu luang untuk bersantai juga penting.

BACA JUGA:
Mengenal dan Mengatasi Kaki Stroberi
Milenial, Generasi yang Rentan Terganggu Mentalnya

3. Ambil magnesium dan mandi air panas

Magnesium sitrat dapat diserap oleh aliran darah dengan cepat. Magnesium melemaskan sistem saraf pusat, membantu relaksasi otot dan pencernaan. Selain itu, mandi air panas 20 menit sebelum pergi dan setelah tiba dari bepergian, memungkinkan tubuh untuk mengatur ulang sistemnya.

4. Pilih menu makanan yang meningkatkan pencernaan

Perjalanan yang lama di pesawat bisa membuat tubuh sangat dehidrasi yang berkontribusi terhadap konstipasi. Anda bisa perbanyak minum air putih atau membawa makanan sehat selama penerbangan. Menjauhkan makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kangkung, dan kacang-kacangan.

fShare
0