5022

GoldenLovers, Ada satu lagi tren diet yang layak dicoba, yaitu souping atau mengonsumsi sup. Gagasan dari tren diet souping pada dasarnya mirip dengan pendahulunya, yaitu juicing. Ini adalah pola makan berbasis cairan.

Robin Foroutan, seorang ahli diet dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetics, mengatakan kepada CNN bahwa makan sup bisa menjadi cara yang sehat dan lezat untuk menciptakan keseimbangan tubuh.

Sementara Barbara Rolls, profesor ilmu gizi di Pennsylvania State University yang telah menulis studi tentang sup dan pengaruhnya terhadap rasa kenyang, menyatakan air dalam sup menambah berat dan volume sehingga Anda bisa memiliki jumlah yang memuaskan tanpa terlalu banyak kalori.

Makan sup secara teratur bisa membantu menurunkan berat badan. Bahkan, bila sup dimakan sebelum hidangan utama, dapat membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori untuk seluruh makanan.

Mengonsumsi sup dapat memungkinkan tubuh Anda untuk detoksifikasi secara alami sekaligus mengurangi peradangan, memberi nutrisi pada tubuh, dan meningkatkan sirkulasi.

Dalam sebuah penelitian, ketika orang mengonsumsi sup untuk makanan ringan dan bukannya keripik dan pretzel, berat badan mereka turun 50% meskipun sup dan makanan ringan, serta makanan sehari penuh, memiliki jumlah kalori yang sama.

Oleh karena itu souping menjadi semakin populer dan masuk dalam 10 tren makanan terbaik Pinterest 2018.

Tidak seperti jus yang menghilangkan serat dari buah, sup dapat membantu menstabilkan gula darah untuk mendapatkan energi yang lebih berkelanjutan, terutama bila mengandung banyak sayuran, protein, dan lemak.

"Sup masih berisi keseluruhan makanan, jadi seratnya masih utuh, tapi lebih mudah dicerna karena sudah matang," kata Robin.

BACA JUGA:
Operasi Plastik Daun Telinga Lagi Ngetren
Demi Pinggang Ramping, Wanita Ini Pakai Korset 23 Jam Sehari

Souping akan membuat Anda benar-benar mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Karena itu, Anda bisa menghabiskan beberapa hari atau seminggu untuk menyantap sup secara keseluruhan.

Tambahkan kaldu tulang untuk mendapatkan lebih banyak manfaat, seperti mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, dan memperbaiki sendi.

Jus mengandung fitonutrien dan antioksidan tinggi, tapi jika dibuat dari semua buah, gula bisa sangat tinggi (meski memang gula alami), dan ini bisa menyebabkan gula darah seseorang melonjak dan turun, yang bisa menyebabkan rasa lebih lelah secara keseluruhan.

Sup juga cenderung memiliki kalori lebih sedikit dari apa yang Anda makan pada hari biasa, yang menyebabkan berat badan bisa turun dengan cepat untuk beberapa orang.

"Bisa terlalu rendah kalori untuk beberapa orang, tapi Anda selalu bisa menambahkan lebih banyak ke sup atau makan porsi ekstra," kata Foroutan.

Ia merekomendasikan sup yang mengandung banyak sayuran, rempah-rempah, rempah-rempah dan protein sehat seperti kacang lentil, kacang-kacangan, tahu atau ayam dan ikan, dan kaldu tulang. Sup berbasis krim bisa menjadi berat pada lemak jenuh dan kalori, sehingga bukan menjadi pilihan yang baik.

Sementara itu, Dr. Oz menyarankan untuk melakukan detoks sup selama tiga hari. Ia menginstruksikan Anda untuk makan sup, termasuk sup buah, enam kali sehari selama tiga hari. Untuk mendapatkan manfaat dari detoks ini, sebaiknya hindari tambahan seperti pasta dan daging olahan.

Ada tiga pilihan untuk menjalankan diet ini, yaitu detoks satu hari bagi pemula yang ingin mencoba, tiga hari untuk memperkuat sistem pencernaan dan membantu kemampuan alami tubuh untuk membuang racun, serta lima hari bila ingin mendapatkan manfaat maksimal dalam penurunan sakit kepala dan mengatasi kelelahan.

Diet ini bisa dilakukan empat kali setahun dan setiap harinya Anda bisa mengonsumsi lima porsi sup untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, ditambah dua sup kaldu untuk makanan ringan. Untuk hasil optimal dan menjaga agar metabolisme Anda tetap aktif, makanlah setiap tiga jam.

Ada pun manfaat lain dari diet ini adalah kulit yang lebih sehat, rambut lebih lembut, menurunkan tingkat stres, dan menambah energi. Diet souping juga dapat meningkatkan sistem metabolisme serta membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan membersihkan usus.

Meskipun mudah dan tampaknya menggiurkan, mempertahankan berat badan yang sehat dan menjaga tubuh Anda cukup kuat adalah proses yang memerlukan pembelajaran dan praktik perilaku sehat sepanjang hidup. Tak ada sup yang bisa bersaing dengan perubahan gaya hidup.

fShare
5