5022

GoldenLovers, Dengan persaingan media yang sangat ketat saat ini pengelola media siaran radio terus menggali dan memahami apa yang diinginkan oleh para pendengar. Karena telah terbukti bahwa radio bukan media yang konvensional, bukan media jadul, karena radio adalah media yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Radio juga memiliki keunggulan sebagai media yang dapat menjangkau dan diakses lebih dari 29 persen populasi lintas generasi, seperti halnya media TV. Community dan emotional engagement menjadi kunci terus eksisnya radio sebagai media komunikasi di era digital seperti ini. Hal itu juga yang menjadikan radio selalu dekat dengan pendengarnya lebih dari dua jam sehari.

Sisi lain, dengan fleksibilitas yang dimiliki radio membuat generasi Z dan millenials (39 hingga 40 persen) dapat mengakses radio melalui mobile phone yang juga merupakan tools komunikasi utama yang selalu mereka bawa.

BACA JUGA:
Mau Jadi Penyiar Radio? Miliki Hal Berikut Ini

Radio kini tetap mempunyai pengemar setianya, dan mendengarkan radio sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Berikut adalah alasan mengapa kebiasaan mendengarkan radio itu keren.

1. Membuat Bahagia dan Semangat

Berdasarkan sebuah survei dari The Media and the Mood of the Nation, orang yang sering mendengarkan radio lebih happy dibandingkan pengguna komputer atau penikmat televisi. Bahkan radio bisa meningkatkan rasa bahagia hingga tiga kali lipat.

2. Mencegah Pembajakan

Saat anda mendengarkan radio, setidaknya anda bisa menurunkan angka pembajakan lagu. Tidak seperti koleksi lagu sendiri, anda bisa download dari internet atau sumber lain. Dengan mendengarkan radio, anda mempunyai cara tersendiri dalam mengapresiasi karya musisi. Keren bukan?

3. Meningkatkan Kecerdasan

Radio mengutamakan suara atau audio dalam siarannya. Ketika anda menikmatinya, dengan hanya menggunakan telinga, bukan indra yang lainnya. Keadaan seperti ini menuntut otak dalam menangkap informasi dalam radio dengan memahami suara atau musik saja.

4. Fleksibel

Last but not least, kemudahan mengakses radio di manapun, kapanpun, dan bagaimanapun, membuat anda selalu merasa ditemani oleh radio. Apapun aktivitasnya, radio akan tetap bisa dinikmati. Hebat bukan? Dan jika anda bepergian ke luar kota, bisa menikmatinya melalui aplikasi streaming lewat smartphone anda. Cool bukan?

Maka radio masih sangat diperlukan di tengah-tengah masyarakat dan masih menjadi media yang bisa menemani pendengar selama beraktivitas. Emang Enak Enggak Ada Radio?

Penulis: Yudi Kinsi

fShare
8