5022

GoldenLovers, Sebanyak 25 guru pilihan SMK Negeri 1 Manado dan SMK Negeri 3 Manado mengikuti pelatihan calon Asesor selama empat hari dari tanggal 6 sampai 9 Februari 2018 di SMK Negeri 1 Manado.

Menurut Kepala SMKN 1 Manado, Moodie Lumintang Rabu (07/02) mengatakan, pelatihan calon Asesor ini selain bertujuan untuk menjadikan para guru tersebut menjadi tenaga asesor juga meningkatkan kompetensi para guru menuju SMK Terstandarisasi, sesuai Inpres No. 9 tahun 2016.

"Ada 17 guru SMK Negeri 1 Manado dan 8 guru dari SMK Negeri 3 Manado yang ikut calon Asesor, kali ini dengan durasi waktu per hari mencapai 40 jam," ujarnya.

Sementara itu Moodie Lumintang pun berharap:

  1. Para guru ini bisa menghasilkan asesor kompetensi yang memenjuhi standar BNSP,
  2. Meningkatkan kualitas instruktur atau penguji kompetensi keahlian sehingga ketika peserta didik memasuki DUDI pengakuan atas kualitas kompetensi diakui
  3. Meningkatkan produktivitas dan kualitas tenaga kerja melalui standarisasi kompetensi
  4. Meningkatkan citra positif tenaga kerja melalui sertifikasi kompetensi
  5. Mengharapkan SMK untuk di revitalisasi dan di standarisasi sesuai inpres 9 tahun 2016
  6. SMK harus dijadikan tempat TUK yang distandarisasi oleh BNSP dan mendapat suatu pengakuan secara nasional
  7. Mau menjawab RENSTRA kita untuk SMK HEBAT.

BACA JUGA:
Arthur Tumipa: SMA/SMK Negeri Di Sulut Siap Ikut UNBK

Dalam pelatihan calon Asesor tersebut lanjut Lumintang, para guru dilatih oleh dua Master asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yaitu Dr. Ir. New Yandri Kahar, MAS dan Drs. M. Ilyas Bayak, MBA.

Moodie Lumintang menjelaskan, target perjalanan SMK Negeri 1 Manado yaitu menjadikan sekolah ini sebagai sekolah SMK unggulan di Sulawesi Utara yang bertaraf Internasional.

"Untuk mendukung itu, maka banyak target yang akan dipenuhi dari tahun 2018-2021 yaitu diantaranya pemenuhan guru produktif seperti keahlian ganda, OJT, magang guru, pengembangan dan penyelarasan kurikulum, pengelolaan dan penataan kelembagaan, peningkatan kualitas sarplas sampai target revitalisasi," katanya.

fShare
1