5022

GoldenLovers, Senin, 12 Februari 2018 genap dua tahun Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw (OD-SK) memimpin Sulawesi Utara. Dan Ibadah Syukuran Dua tahun kepemimpinan ODSK dilaksanakan di Ruang Mapalus, Senin (12/2).

“Kami bersyukur kepada Tuhan atas penyertaannya dalam kepemimpinan OD-SK selama dua tahun ini banyak hal yang sudah ditorehkan” Kata Gubernur Olly Dondokambey dan menurutnya, dukungan rakyat mampu membawa perubahan yang lebih baik dalam pembangunan Sulut selang dua tahun ini.

“Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara pada akhir tahun 2017 tumbuh sebesar 6,49% (yoy), angka ini diatas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,06%. Sementara itu, kita juga mampu menekan inflasi daerah sebesar 2,44%,” ungkap Olly.

Gubernur Olly juga menyampaikan beberapa progres pembangunan daerah lainnya sebagai salah satu bentuk akuntabilitas dan transparansi pembangunan yang sedang dikerjakan.

“Kemiskinan Sulut pun saat ini berada pada posisi 7,9%, lebih rendah dari rata-rata nasional sebesar 10,12%, Angka Pengangguran sebesar 6,12%, Gini Ratio 0,394. Angka Harapan Hidup naik menjadi 71,02, IPM juga turut naik menjadi 71,05.,” papar Olly.

Begitu juga, dalam upaya mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan bersih, kata Olly di tahun 2016 Sulut kembali mampu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

BACA JUGA:
Gubernur Olly Ingatkan 'Persaudaraan' Jelang Pilkada Serentak
Gubernur Olly: Angka Kemiskinan Sulut 7,9 Persen

Terkait pembangunan sektor infrastruktur juga, beber Olly semuanya terus dipacu. Rehabilitasi jalan dan jembatan sepanjang 998,613 Km di 15 Kabupaten/Kota; Pembangunan Bendungan Lolak dengan nilai kontrak sebesar Rp.830 miliyar dengan realisasi fisik sampai dengan tahun 2017 sebesar 48,83% yang ditargetkan selesai pada tahun 2019.

Menurut Olly, sementara ini lagi digenjot Pembangunan Bendungan Kuwil dengan nilai kontrak Rp.1,5 triliun dengan realisasi fisik sampai dengan tahun 2017 telah mencapai 18,089% ditargetkan selesai pada tahun 2019, Pembangunan jalan tol Manado-Minahasa Utara-Bitung sepanjang 39 Km dengan realisasi fisik sampai dengan tahun 2017 sebesar 26,29%; ratio elektrifikasi juga mengalami peningkatan dari 87,39% tahun 2016 menjadi 92,47% di tahun 2017.

Hal yang sama, juga sudah direalisasikan dalam sektor perhubungan dan komunikasi, disamping terus melakukan perbaikan fasilitas keselamatan berlalu lintas pada ruas jalan nasional maupun provinsi, juga telah dikerjakan beberapa program strategis.

“Pembukaan rute baru penerbangan internasional langsung dari Manado ke delapan Kota di China (PP), yakni: Makau, Guangzhou, Changsa, hongkong, Wuhan, Chengdu, Nanchang, dan Hangzhou, yang dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air, City Link Air dan Sriwijaya Air,” kata Olly.

Dia menjelaskan, Berbagai capaian kerja ini tentunya merupakan prestasi bersama yang membanggakan dan patut disyukuri, serta harus dijadikan sebagai landasan berpijak membangun Sulut dalam bentangan tahun-tahun kedepan yang telah menanti.

fShare
7