5268

GoldenLovers, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Manado salah satu sekolah pelaksana UNBK di Sulawesi Utara yang telah siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sekolah terkenal ini pun telah menyatakan keterlibatannya menyukseskan UNBK SMA dan SMP.

Hal tersebut disampaikan, Kepala SMK Negeri 1 Manado, Moodie Lumintang. Ia mengatakan, ada SMP dan SMA yang akan menumpang dan bergabung untuk melaksanakan UNBK di sekolahnya. Mereka akan menggunakan komputer yang dilengkapi perangkat lunak (software) yang khusus dikembangkan untuk Ujian Nasional (UN) dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis.

"Hari ini Rabu (14/02) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Manado telah melaksanakan simulasi UNBK dengan jumlah 728 siswa . Dan SMA Negeri 1 Manado akan jugu melaksanakan UNBK disini," ujarnya.

Pengalaman sebagai sekolah penyelenggara UNBK sejak tahun 2015 lalu, tidaklah menyulitkan sekolah ini dan untuk melaksanakan kembali di tahun 2018, SMK Negeri 1 Manado sudah sangat siap.

BACA JUGA:
Wakil Ketua MPR Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Di SMKN 1 Manado
18 Guru SMKN 1 Manado Ikuti Pelatihan Calon Asesor

"Tahun ini ada 528 siswa SMKN 1 Manado disiapkan mengikuti UNBK. Mereka juga telah mengikuti kegiatan bimbingan belajar sebelumnya untuk memantapkan persiapan," ujar Lumintang.

Untuk mendukung sarana pra-sarananya, telah disiapkan kurang lebih 220 unit Komputer dan 7 unit server. Langkah persiapan juga telah dilakukan untuk memastikan seluruh peserta ujian siap menghadapi UNBK.

"Secara umum seluruh siswa (peserta ujian) sudah kami siapkan, baik itu melalui bimbingan belajar maupun simulasi komputer sebelumnya. Kami berharap mereka bisa menghadapi UNBK tahun ini," harap Lumintang.

Dijelaskan Lumintang, ada 3 Sekolah yang akan bergabung dalam UNBK di SMKN 1 Manado yaitu SMPN 1 Manado, SMK Harapan Generasi, SMAN 1 Manado dan juga ditambah para siswa Paket B dan C dengan total peserta mencapai 2010 siswa.

Selain SMK Negeri 1, Di Kota Manado ada dua Sekolah lainnya sebagai pelaksana UNBK, yaitu SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Manado.

fShare
7