5268

GoldenLovers, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E. Kandouw melakukan pengukuhan Muhamad Ruddy Mokoginta, SE, MTP sebagai Penjabat Sementara Walikota Kotamobagu. Wagub Kandow juga menyerahkan Surat Gubernur perihal Penugasan Wakil Bupati Minahasa Tenggara Ronald Kandoli serta Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Suryansah Korompot, SH sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, digedung Mapaluse Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (14/02).

”Sesuai dengan aturan, kekosongan Pemerintah Daerah dikarenakan sedang menjalankan cuti diluar tanggungan negara pada masa kampanye atau tahapan pilkada, harus ditindak lanjuti dengan penunjukan pejabat sementara atau pelaksana tugas,” tutur Kandouw.

BACA JUGA:
Gubernur Olly Serahkan Beasiswa dan Kunci RTLH di Tondano
Penyidik KPK Periksa Temuan BPK di Unsrat

Wagub berharap agar penjabat walikota dan dua Plt Bupati bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan permendagri Nomor 1 Tahun 2018 pasal 9 ayat 1, yang menegaskan bahwa memimpin urusan pemerintahan yang mejadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan dan perudang-undangan yang ditetapkan bersama DRPD.

Lanjutnya, pemimpin bisa memelihara ketentraman umum dan masyarakat, mengfasilitasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota yang definitif serta menjaga netralitas PNS.

Lanjut Kandouw, penjabat dan Plt juga bisa melakukan pembahasan rancangan Perda dan dapat menandatangani Perda tapi dengan persetujuan Mendagri, serta melakukan pengisian pejabat berdasarkan peraruran perundangan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri.

Usai penanda tangannan dilalukan foto bersama oleh Pejabat Walikota dan Plt Bupati dengan Wakil Gubernur serta segenap Pejabat Eselon II di lingkungan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

fShare
3