5022

GoldenLovers, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat fondasi kebangsaan dan kenegaraan. Kali ini, sosialisasi dilakukan langsung oleh Wakil Ketua MPR RI utusan Sulawesi Utara, E.E. Mangindaan kepada siswa/siswi di SMK Negeri 1 Manado pada Senin (12/2).

Menurut E.E. Mangindaan, Pancasila adalah lambang negara yang juga menjadi pemersatu bangsa.

"Memang MPR RI saat ini terus melakukan sosialisasi empat pilar MPR RI, dimana didalamnya ada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945 dan TAP MPR RI guna mengingatkan kembali kepada para siswa," ujarnya.

Sebagai bangsa yang berasal dari berbagai latar belakang, kita harus bersyukur dengan adanya Pancasila sebagai landasan hidup yang menyatukan perbedaan.

"Kita bersama pemerintah memiliki kewajiban untuk menyampaikan bahwa perbedaan jangan diartikan sebagai malapetaka. Tapi, perbedaan adalah rahmat bagi kita semua," ucapnya.

BACA JUGA:
SMAN 1 Manado Kembali Lahirkan Siswa Berprestasi
Silangen: Grace Harus Mampu Membangun Pendidikan Di Sulut

Pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia sebagaimana diketahui adalah salah satu program MPR RI. Mangindaan menjelaskan, Posisi MPR RI sebagai lembaga Negara yang berwewenang untuk membangun idiologi bangsa di tuntut untuk meningkatkan peran itu, yang di perankan adalah bagaimana meningkatkan kesadaran lewat Empat Pilar.

"Dalam Sosialisasi empat Pilar MPR RI, pertama, Pancasila dijadikan sebagai dasar dan ideologi negara. Kedua, UUD Republik Indonesia Tahun 1945 digunakan sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR. Ketiga, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara. Dan keempat, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara," jelasnya.

Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Manado, Moodie Lumintang sangat bersyukur sekolahnya dipilih MPR RI untuk sosialisasi kegiatan tersebut. Kata Lumintang, generasi muda khususnya para siswa bisa lebih paham betul apa itu Empat Pilar MPR RI.

"Mereka para siswa sangatlah bagus dikenalkan lebih dalam apa arti sebenarnya empat pilar yang diterapkan dengan perilaku sehari-hari," ujar Lumintang.

Penulis: Jul Pinontoan Kifli

fShare
12