5022

GoldenLovers, Suliyono, pria asal Banyuwangi, nekat menyerang jemaat Gereja Santa Lidwina Stasi Bedog Sleman, Minggu (11/2) pagi, yang tengah melakukan misa ekaristi. 4 Orang jemaat dan seorang polisi luka-luka. Selain itu, Suliyono juga merusak beberapa barang di ruangan tempat berlangsungnya misa.

Polisi sempat bernegosiasi dengan Suliyono agar menyerahkan diri. Namun, ia malah melawan hingga akhirnya polisi menembak Suliyono.

Romo Yos Minta Umat Tenang dan Tak Terprovokasi

Pasca penyerangan di Gereja Santa Lidwina, Jambon, Sleman, Yogyakarta, umat Katolik diminta untuk tenang dan tidak panik. Romo pendamping mudika katolik, Romo Yos Bintoro mengimbau umat Katolik tak sembarangan menyebarkan informasi, foto atau video peristiwa ke sosial media. Pasalnya dikhawatirkan menimbulkan ketakutan dan kepanikan yang tidak wajar.

"Jika umat sudah takut, dengan mudah dapat dipakai untuk kegiatan hate spin selanjutnya," ujar Romo Yos melalui pesan elektronik di Yogyakarta, Minggu (11/02).
Sebaliknya, ia mengajak seluruh umat katolik untuk membuat statement di sosmed yang menyatakan tidak takut pada teror ini.

"Mari kita katakan Kami mengutuk perbuatan ini di Republik Indonesia dan akan lawan gerakan melawan kebhinekaan, melawan persatuan, dan kesatuan bangsa," tegas Romo yang juga menjabat sebagai TNI AU di Adisutjipto.

Hal serupa juga ditegaskan Polda DIY. Kepala Humas Polda DIY AKBP Yulianto meminta masyarakat dan umat Katolik tak terpancing provokasi pihak-pihak tertentu.

"Masyarakat tak perlu cemas,panik dan takut karena ini bukan teror. Pelaku penyerangan hanya perorangan saja," tegas Yulianto.

Ia menjelaskan pelaku penyerangan bernama Suliyono, warga Banyuwangi. Saat ini pelaku penyerangan sudah tertangkap. Polisi terpaksa menembak pelaku karena berusaha melawan.

Polisi masih mengusut dan menyelidiki motif pelaku. Ada beberapa orang yang sudah dimintai keterangan. Akibat peristiwa ini empat orang terluka. Mereka adalah dua umat, satu pastor paroki bernama Romo Prier dan satu petugas kepolisian. Seluruh korban dan pelaku sudah dibawa ke rumah sakit.

Ketua FKUB Sleman: Ini Bukan soal Agama

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sleman, Suwarso menyayangkan penyerangan gereja Bedog yang dilakukan oleh pemuda berparang, Minggu (11/2). Apalagi penyerangan itu dilakukan saat ibadah sedang berlangsung.

”Saya yakin ini bukan persoalan agama,” ujar Suwarso.

fShare
6