GoldenLovers, Pernikahan bangsawan (Royal Wedding) Pangeran Harry dan Meghan Markle usai dilaksanakan, Sabtu (19/5/2018). Acara sakral yang sempat menghadirkan beberapa drama tersebut digelar di Kapel St. George di balik tembok Istana Windsor, London barat.

Pernikahan ini pun jadi sorotan tatkala kedua mempelai disebut-sebut tengah mencetak sejarah baru bagi Kerajaan Inggris.

Cinderella Modern

Latar belakang Meghan Markle yang menjadi pembicaraan bukan cuma status non-bangsawan atau kebalikan suaminya, pewaris takhta Kerajaan Inggris nomor enam. Perempuan 36 tahun ini adalah keturunan kulit hitam Afrika-Amerika, berusia tiga tahun lebih tua, dan pernah nikah serta cerai.

Tidak heran, warga kulit hitam juga turut bergembira dan memadati kawasan sepanjang daerah Windsor. Warga kulit hitam bukan cuma dari lokal Inggris Raya, tetapi juga dari Amerika Serikat. Mereka ingin menyaksikan sejarah yang tak akan dilupakan.

Sosok Markle sukses mendobrak beberapa hal yang sebelumnya tabu oleh kerajaan. Markle yang juga seorang feminis pun membuat banyak orang menganggapnya sebagai sebagai pembawa harapan bagi hal-hal baik pada masa depan.

Gelar Bangsawan

Sesaat sebelum melaksanakan pemberkatan nikah di gereja, Pangeran Harry dan Markle mendapat gelar kebangsawanan Duke dan Duchess of Sussex. Gelar ini diberikan oleh sang nenek, Ratu Elizabeth II.

Markle merupakan Duchess pertama yang dimiliki oleh wilayah Sussex. Maklum, selama ini hanya ada Duke of Sussex--Pangeran Augustus Frederick yang hidup pada 1773-1843.

BACA JUGA:

Saat itu pernikahan Pangeran Augustus tidak direstui sang ayah, Raja George III, sehingga dianggap tidak sah. Otomatis, sang istri pun tak memperoleh gelar Duchess of Sussex.

Pangeran Augustus juga dikenal sebagai sosok pemberontak yang banyak melakukan aksi protes, salah satunya adalah menuntut penghapusan aksi perbudakan. Namun, kini gelar untuk daerah Sussex di Inggris menjadi lengkap.

Busana dan Tata Rias

Perkawinan bangsawan kerap dianggap sebagai pernikahan agung, tidak heran orang menduga mempelai putri bakal berdandan dengan mewah. Apalagi gaun pertunangan Markle pun bernilai mahal, Rp1 miliar.

Namun, ramalan itu lenyap seketika sosok pemeran Rachel Zane dalam serial Suits itu tiba di lokasi pernikahan. Gaunnya sangat sederhana, nyaris tanpa detail yang terlalu ramai.

Gaun putih berbahan sutra yang dikenakan Markle merupakan rancangan Clare Waight Keller, direktur kreatif di balik label Givenchy. Keller merupakan perempuan pertama yang menduduki posisi direktur kreatif Givenchy dan mulai menjabatnya pada 2017.

Menurut siaran pers Kensington Palace, Keller dipilih untuk merancang gaun Markle karena desainnya yang tak lekang waktu, estetis, elegan, memiliki potongan yang sempurna, dan tak terlampau kaku.

Sedangkan tudung kepalanya terbuat dari bahan sutra tipis sepanjang lima meter yang berhias bunga di tepinya. Tak lupa ditambah kesan manis dengan bando Filigree bertabur berlian milik Ratu Mary dari 1893.

Ide menggunakan ornamen bunga-bunga ini dicetuskan oleh Markle sebagai simbol dari 53 negara persemakmuran--tanggung jawab utamanya bersama Harry setelah resmi jadi suami-istri.

Soal riasan, Markle menyerahkan ke tangan sang sahabat, Daniel Martin, yang memang seorang penata rias profesional. Meski tak seperti Kate Middleton--kakak iparnya yang merias sendiri pada hari pernikahannya dengan Pangeran William, gaya riasan Markle tampak mengenakan perona mata cokelat, alas bedak tipis, perona pipi dan lipstik warna koral yang dinilai tak berlebihan, bahkan sangat simpel.

Tamu Undangan

Tak seperti anggota keluarga kerajaan lainnya, Pangeran Harry yang menikahi seorang aktris kenamaan Hollywood mengundang banyak pesohor.

Banyak juga dari mereka yang cukup mencuri perhatian dan menggeser fokus warganet, misalnya pasangan Victoria dan David Beckham. Bahkan Victoria sempat jadi bulan-bulanan warganet karena kehadirannya yang tanpa senyum.

Ada juga Amal dan George Clooney yang datang mengenakan busana serasi bernuansa kuning cerah.

Hadir pula Oprah Winfrey yang dikabarkan menghabiskan enam jam bercakap-cakap dengan Doria Ragland, ibunda Markle. Oprah konon merencanakan sesi wawancara berkonsep "kupas tuntas" soal Markle yang menjadi korban isu rasisme sejak hubungan asmaranya dengan Pangeran Harry diketahui publik.

Pesohor lain seperti Elton John, Idris Elba, James Corden, Tom Hardy, Priyanka Chopra, Serena Williams, dan banyak pesohor lainnya juga tampak memadati area pernikahan. Mereka hadir memenuhi undangan dengan busana sesuai aturan: gaun sederhana yang dipadukan dengan topi untuk perempuan, serta setelan jas untuk lelaki.