GoldenLovers, Perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN) yang dilaksanakan di lokasi wisata Benteng Moraya Tondano Minahasa, Sabtu (17/3) turut juga dihadiri langsung oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Dalam sambutan Menteri menyatakan aliansi masyarakat adat nusantara yang merupakan komunitas adat dari seluruh pelosok NKRI harus mengawal dan memainkan peran strategis dalam pembangunan bangsa dan daerah.

BACA JUGA:

Aliansi Masyarakat Nusantara harus tetap menyamakan visi, misi, langkah dan persepsi untuk terus menjunjung tinggi nilai pancasila, kesatuan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Perayaan itu diawali dengan pawai budaya dari 500-an orang utusan masyarakat adat yang akan hadir dari seluruh nusantara dengan mengenakan pakaian adat, berjalan kaki sejauh 1,3 km dari lapangan Sam Ratulangi menuju ke Benteng Moraya yang diiringi oleh tarian Kawasaran dari 200 orang pemuda/pemudi adat Minahasa.

Selain itu, berbagai atraksi dan pagelaran budaya, pameran-pameran produk Masyarakat Adat, pameran foto, dan lain-lain dipentaskan dalam perayaan tersebut.

fShare
0