GoldenLovers, Kabar gembira bagi sekolah baik SMA, SMK, SLB, SMP dan SD khususnya yang ada di Sulawesi Utara (Sulut), dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang telah memenuhi persyaratan, minggu depan pencairannya akan diproses.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh, M.Kes melalui Manager BOS, Melky Turang saat dikonfirmasi Jumat, 11 Mei 2018 mengungkapkan, sekolah SMA/SMK/SLB yang telah memenuhi persyaratannya akan diproses Minggu depan.

"Hanya yang memenuhi persyaratan dan melaporkan pertanggung jawaban dana BOS triwulan satu yang akan kami proses pencairannya," ungkapnya.

BACA JUGA:

Kata dia, yang terdata telah memasukkan persyaratan dan laporan dana BOS pertama sampai saat ini hanya tingkat SMA, SMK dan SLB dan tingkat SD serta SMP belum ada satu pun yang memasukkan laporannya.

"Kami berharap pada Pemerintah Kabupaten Kota agar membantu SD dan SMP yang belum memasukkan laporan pertanggung jawaban dana BOS triwulan pertama untuk segera mungkin memasukkan laporannya," jelasnya.

Lanjut Melky, berdasarkan data sampai saat ini untuk SMK dan SMA Negeri dari 212 sekolah baru 175 memenuhi persyaratan dan sekolah swasta SMA dan SMK dari 191 Sekolah baru 105 sekolah serta SLB ada 23 sekolah baik Negeri 6 sekolah dan SLB swasta 17 sekolah baru 10 sekolah yang lengkap.

Sedangkan untuk tingkat SD katanya ada 2.222 sekolah dan SMP ada 706 sekolah sampai saat ini belum melengkapi persyaratan dan laporannya.

"Pihak sekolah tinggal membawa dokumen lengkap dan pihak Bank SulutGo pun akan melakukan proses pencairan melalui rekening giro," ungkapnya.

Menurut Melky, pihak sekolah diharapkan secepatnya melaporkan pertanggung jawaban dana BOS dan juga melengkapi dokumen persyaratannya yaitu untuk SD/SMP Negeri harus menyertakan SK Kepsek dan Bendahara dari Bupati/Walikota.

Sedangkan SD/SMP swasta kata dia, dari Yayasan menyertakan Surat Keputusan Kepala Sekolah dari swasta atau Yayasan. Sementara untuk SMA/SMK/SLB/Negeri harus menyertakan SK Kepsek dan Bendahara dari Gubernur serta KTP, NPWP untuk mengaktifkan rekening Giro msing-masing sekolah.

"Bagi sekolah yang akan diproses Minggu depan paling lambat hari Jumat depan dana BOS nya sudah masuk ke rekening sekolah masing-masing." tutup Melky.

Loading...
loading...
loading...