GoldenLovers, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Minahasa, Sulawesi Utara. Agenda penting yang akan dihelat 14-17 Maret 2018 itu, direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Rencananya Rakernas akan dilaksanakan di Desa Koha, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa pada tanggal 17 Maret 2018," jelas Ketua Dewan AMAN Nasional (DAMANNAS), Hein Namotemo yang juga Ketua Steering Committee.

Kata Namotemo yang didampingi Wakil Ketua II DAMANAS sekaligus sebagai Ketua Organizing Commite, Nedine Helena Sulu saat melakukan audiensi bersama Gubernur Sulut yang diwakili Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Sulut, Ferry Sangian, akhir pekan lalu menyampaikan, bahawa kegiatan ini juga ada perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun AMAN ke-19.

"Rencananya tanggal 17 itu akan dihadiri oleh presiden Jokowi bersama para Menteri, Kedutaan-kedutaan, Pemerintah Daerah dan jaringan lembaga AMAN serta seluruh peserta rakernas," jelas Hein Namotemo.

Sementara itu, Deputi I Sekjen Pengurus Besar (PB) AMAN, Eustubio Renggi menyampaikan, rencana kehadiran Presiden Jokowi itu telah dikomunikasikan dengan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

"Tanggal 14 itu ada dialog umum antara masyarakat adat dengan pemerintah, daN ada beberapa menteri yang akan hadir serta ada juga sarasehan dan sidang-sidang yang akang dilakukan," ungkapnya.

Renggi menambahkan, nantinya pada tanggal 17 Maret 2018 ada juga perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara sekalian HUT AMAN yang ke-19 yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo .

"Kita sudah komunikasi dengan Kepala Staf Presiden yang lama Teten Masduki dan sudah ditindaklanjuti mensekneg Pratikno dan sudah dipastikan Presiden akan hadir," tandasnya.

Diakuinya, ini sebenarnya juga hutang Presiden Jokowi ke organisasi AMAN, dimana sebelumnya di Rakernas IV di Papua Barat, Sorong presiden Jokowi waktu itu sudah menyatakan hadir dan karena sibuk, ada agenda mendadak dengan waktu yang bersamaan, dimandatkan ke Mendagri Cahyo Kumolo dan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya untuk hadir.

Kepala Divisi Pendidikan PB AMAN, Annas Radin Syarif menjelaskan, karena akan ada presiden dan beberapa menteri yang hadir maka penting sekali AMAN dan panitia yang ada melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah.

"Kita perlu komunikasikan acaranya, protokolernya dengan Pemprov dan Pemkab Minahasa agar kemudian terlibat bersama untuk memaksimalkan kegiatan tersebut serta sekaligus untuk memastikan bersama agar acaranya bisa berjalan dengan baik hingga hari 'H' nanti," kata Annas.

Sementara, Gubernur Sulut melalui Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Daerah, Ferry Sangian mengaku sangat menyambut positif kehadiran Panitia Rakernas AMAN V dan dia juga memastikan akan mengkomunikasikan hal tersebut dengan Gubernur Olly Dondokambey.

"Kalau ada presiden dan beberapa menteri yang datang, tentu ada beberapa hal yang perlu kita koordinasikan dengan Pemprov, Pemkab Minahasa, dan kementerian dan tentu ada yang akang kita bicarakan secara khusus dan Ini penting disampaikan," kata Sangian.

Dijelaskan Sangian, Pemprov akan menunjang secara maksimal kegiatan tersebut, dan akan mengkoordinasikan dengan Pemkab Minahasa sehingga kegiatannya bisa berjalan dengan baik.

Loading...
loading...
loading...