GoldenLovers, Ada yang beda dari "Alright", lagu baru Calvin Jeremy yang videonya dirilis di YouTube pada Rabu (4/4/2018). Dalam klip berlatar kota Seoul, Korea Selatan, itu Calvin bernyanyi dan berjoget dengan seorang bule.

Lelaki kulit putih itu adalah Wouter Hamel, seorang penyanyi jazz-pop asal Belanda. Bagaimana Calvin bisa berkolaborasi dengan seorang musisi Eropa di Seoul?

Dalam wawancara khusus di kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (5/4/2018), Calvin menjelaskan kisah di balik kerjasamanya dengan Hamel.

Semua bermula pada saat lelaki berdarah Batak-Filipina ini akan membuat album kedua bertajuk Calvin Jeremy (2012). Ia ingin mencoba sesuatu yang baru. Saat itu ia sedang mengidolai Jamie Cullum, penyanyi jazz-pop asal Inggris.

Mengetahui bahwa Calvin menyukai Cullum, salah satu temannya memberikan CD album Wouter Hamel. Si teman menyatakan bahwa Hamel adalah padanan Cullum dari negeri Oranje. "Gue sebagai fans berat Jamie Cullum beranggapan pasti enggak ada yang lebih keren daripada Cullum," ujar Calvin.

Akhirnya Calvin menelan ludahnya sendiri. Ia malah sangat menyukai musik Hamel yang menurutnya punya rasa seperti konser, tapi produksi musik dalam albumnya tetap terdengar rapi. Akhirnya Hamel jadi inspirasi Calvin untuk album keduanya.

Semenjak itu, pemilik akun Twitter @calvinjeremy ini mulai sering mengirim kicauan kepada Hamel, yang punya akun @hamelmusic. "Dibalas sama dia. 'Thank you Calvin, maybe you can pull some string,' katanya," jelas Calvin mengingat komunikasi pertamanya dengan musisi Belanda itu.

BACA JUGA:

Calvin girang bukan kepalang. Ia pikir, "you can pull some string" berarti "kamu dapat menarik senar (gitar)". "Gila, si Hamel tahu lho, gue main gitar," ujar pelantun lagu "Nostalgia" itu kepada seorang temannya.

Si teman pun tertawa. "Dia bilang, 'kagak man, 'maybe you can pull some string' tuh maksudnya mungkin lo bisa bantu kalau suatu saat dia ke Jakarta," ujar Calvin sambil terbahak mengingat kejadian itu.

Manajer Calvin pun membantu Hamel untuk ke Jakarta, demi tampil dalam Java Jazz 2012. Dua penyanyi ini pun berkolaborasi di panggung acara tahunan itu. Mereka menyanyikan lagu "Berdua".

Kekaguman Calvin pada lelaki Belanda berusia 40 itu makin bertambah. "Ternyata dia (Hamel) sudah menghafalkan lagu "Berdua" dan menyanyikannya dalam Bahasa Indonesia." Calvin pun menunjukkan album Calvin Jeremy pada Hamel. "Gue kasih album itu yang terinspirasi dari dia. Jadi dia excited banget."

Dari situ, kolaborasi Calvin dan Hamel terus berlanjut. Dua tahun berturut-turut mereka berduet dalam beberapa acara di Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan. Calvin dan manajemennya pun berpikir untuk mengabadikan kerjasama dengan Hamel dalam bentuk musik atau album.

Kebetulan, Calvin sudah membuat sebuah lagu berbahasa Inggris berjudul "Alright" untuk album selanjutnya yang bertajuk Nostalgia. Pihak Hamel setuju. Proses rekaman pun dilakukan meski mereka berada di dua benua berbeda, menggunakan dunia maya untuk berkomunikasi.

Kebetulan kedua, Hamel akan tampil dalam Seoul Jazz Festival pada Mei 2017. Pihak Calvin pun menghubungi Korea Tourism Organization untuk meminta dukungan. "Kami kenalan, menjelaskan kalau saya mau berkolaborasi dengan artis Belanda (di Korea). Respons mereka (pihak Korea) positif," ujar Calvin.

Berangkatlah Calvin dan timnya ke Seoul untuk syuting dengan Hamel. "Sekalian bikin vlog, video cover, pokoknya kami hajar semua untuk konten digitalnya," seru penyanyi kelahiran Jakarta ini.

Mumpung di Korea, Calvin ingin seproduktif mungkin. Video klip "Nostalgia" pun sekalian dibuat di Negeri Ginseng. Sebab, lagu ini berawal dari kisah sedih sepupu Calvin dengan kekasihnya, yang mirip-mirip cerita dalam drama Korea.

Jika "Alright" dibikin bersama Hamel di Seoul, "Nostalgia" punya lokasi syuting di provinsi Gangwon, yang terletak di daerah timur laut Korea Selatan, berbatasan dengan Korea Utara.

TIPS KESEHATAN DAN GAYA HIDUP

loading...