GoldenLovers, Menikmati indahnya sebuah negara tidak melulu tentang menengok eksotisnya panorama alam, birunya lautan hingga megahnya bangunan. Akan tetapi, anda juga bisa menikmati cantiknya destinasti wisata tersebut melalui tradisi dan festival-festival aneh yang dimilikinya.

Meskipun saat ini sendiri telah banyak tradisi yang sudah mulai ditinggalkan akibat dari pesatnya perkembangan zaman. Bukan berarti semua tradisi itu tidak menarik loh! Contohnya saja seperti tradisi lempar tomat di Spanyol, perang lumpur di Korea Selatan hingga membekukan rambut di Kanada.

Bahkan, tidak sedikit pula negara yang menjadikan tradisi tersebut sebagai festival tahunan. Agar dapat menarik minat wisatawan dan berikut beberapa festival aneh di dunia yang patut masuk daftar traveling anda.

1. Thaipusam, The Hindu Piercing Festival

Thaipusam, merupakan sebuah festival unik yang diadakan oleh umat hindu suku tamil untuk tujuan memperingati hari kelahiran Dewa Murugan serta permohonan ampun atas dosa-dosa yang selama ini telah mereka perbuat. Festival ini menjadi terkenal akibat dari pesertanya yang melakukan berbagai hal ekstrem, seperti menindik bagian tubuhnya hingga konon meneteskan darah. Dan untuk anda yang ingin melihatnya, festival ini diadakan setahun sekali pada bulan purnama dalam kalender Tamil, yang berarti terjadi sekitar bulan Januari atau Februari yang berlokasi di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, dan India yang memiliki banyak umat hindu suku tamil.

2. Boryeong Mud Festival, Korea Selatan

Dari berbagai festival unik yang ada di Korea Selatan, Festival Lumpur Boryeong merupakan salah satu festival yang berhasil menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang. Selain terdapat berbagai aktifitas seru seperti gulat lumpur dan bermain seluncuran di lumpur. Lumpur di Pantai Boryeong sendiri dipercaya memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat sekali untuk kulit, dan jika anda berminat untuk ikut serta. anda bisa pergi ke Pantai Boryeong, Korea Selatan pada musim panas bulan Juli.

3. La Tomatina, Spanyol

Berawal dari tradisi turun-temurun, kini La Tomatina telah menjelma menjadi sebuah festival meriah yang telah berhasil diikuti oleh kurang lebih 20.000 peserta per tahunnya. Menggunakan tomat busuk hingga puluhan ton, para peserta festival dibebaskan melempar tomat ke arah manapun yang mereka sukai dengan catatan tomat harus diremas terlebih dahulu. Festival yang mulai ada sejak tahun 1945-an ini sendiri berlokasi di kota kecil bernama Bunol, Spanyol dengan harga tiket sebesar 10 Euro dan diadakan setiap hari rabu terakhir di bulan Agustus.

4. Saidai-ji Eyo Hadaka Festival, Jepang

Seperti namanya, festival ini sendiri setiap tahunya selalu diadakan di sebuah kuil yang bernama Saidaiji. Secara kasar, festival ini lebih terkenal dengan sebutan festival Naked Men atau pria telanjang. Meskipun sebenarnya para peserta tidak benar-benar telanjang. Diikuti oleh kurang lebih 9.000 pria, festival ini merebutkan sekitar 100 buah batang bambu suci yang dilempar oleh seorang biksu dari sebuah jendela kecil. Konon katanya siapapun yang berhasil mendapatkan batang bambu tersebut akan mendapatkan keberuntungan, lokasi kuil ini sendiri berada di Okayama, Jepang.

BACA JUGA:

5. The Bog Snorkling, Wales

Bila wajarnya aktifitas snorkling diadakan di laut! Berbeda halnya dengan The Bog Snorkling, acara unik ini diadakan di sebuah parit yang mempunyai air cukup dalam. Memiliki lintasan sepanjang kurang lebih 55 meter, festival tersebut mampu menarik minat wisatawan dari berbagai negara setiap tahunnya. Selain lokasi acaranya yang unik, para pesertanya pun juga mengenakan kostum yang nyentrik pula, untuk letaknya sendiri berada di sebuah kota kecil bernama Llanwrtyd Wells, Wales.

6. Snowman Burning Day, Amerika

Jika musim dingin telah datang, masyarakat yang tinggal di daerah sekitar danau Superior, Amerika Serikat tiap tahunnya selalu menyambutnya dengan cara yang cukup unik. Mereka ramai-ramai membuat sesosok manusia salju di pekarangan rumah masing-masing dan setelahnya mereka akan langsung membakarnya untuk menandai kembalinya musim semi. Tradisi lokal yang dapat menarik wisatawan ini biasanya terjadi pada tanggal 20 maret.

7. Battle Of The Oranges, Italia

Sedikit berbeda dari perang tomat di Spanyol, perang jeruk ini lebih terorganisir. Karena para peserta akan dibagi menjadi beberapa tim dan harus mengenakan kostum yang sama setiap timnya, karena pada akhir acara juri akan menilai tim mana yang paling tepat dalam menyerbu pasukan tim penjaga. Acara turun-temurun ini sendiri diadakan selama 3 hari berturut-turut dengan menggunakan 400 ton jeruk dan diselenggarakan di kota lvrea, Italia setiap pertengahan Agustus.

8. Burning Man, Amerika

Selama satu minggu setiap musim panas, lebih dari 70.000 orang datang ke gurun Nevada, Amerika untuk hadir dalam festival aneh yang diberi nama Burning Man. Dengan mengenakan pakaian yang tidak seperti biasanya, mereka ramai-ramai menuju ke Black Rock City, sebuah padang pasir yang dijadikan sebagai kota sementara untuk acara seni besar tersebut diselengarakan. Selain terdapatnya berbagai instalasi seni yang menakjubkan, di akhir acara mereka juga akan membakar sesosok patung pria besar yang menjadi asal muasal dari nama acara tersebut.

9. The Viking Festival, Skotlandia

Viking, pada masanya mereka ternyata juga pernah menginjakkan kakinya hingga ke Skotlandia. Terbukti dengan adanya festival Viking yang diadakan di kota Shetland setiap tahunnya. Berlangsung meriah, perayaan legendaris ini selalu berhasil menarik minat wisatawan untuk mengunjuginya. Kompak mengenakan kostum ala bangsa Viking, selama beberapa hari para peserta akan mengadakan treatikal, tarian hingga nyanyian di jalanan kota dengan membawa obor yang nantinya digunakan untuk membakar sebuah kapal sebagai simbolis.

10. Hair Freezing Day, Kanada

Menyenangkan dan aneh mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan acara pembekuan rambut ini. Bagaimana tidak! Pasalnya kontes yang diadakan di sumber air panas Yukon, Kanada ini sendiri mengharuskan para pesertanya untuk berendam di kolam yang memiliki suhu 40 derajat celcius dengan suhu udara yang berbanding terbalik, yakni minus 30 derajat celcius yang secara otomatis akan membuat rambut anda membeku seketika setelah berendam. Asiknya lagi, siapa pun yang memiliki tatanan rambut beku terunik akan mendapatkan hadiah uang sebesar 150 dollar loh.

Meski masih mendapatkan pro dan kontra, nyatanya tidak membuat wisatawan mengurungkan niatnya untuk menghadiri festival tersebut. Jadi, apakah anda juga sudah siap menyambut 10 festival Aneh di Dunia yang patut menjadi destinasti liburan baru tersebut.

fShare
0