GoldenLovers, Semua pasti setuju, jika setiap negara pasti memiliki sebuah peraturan yang berfungsi untuk membangun, menunjang dan mengatur negara itu sendiri. Baik itu peraturan yang tertulis maupun peraturan yang tidak tertulis, contohnya seperti peraturan dalam bersosial dan beretika yang telah ada secara turun temurun.

Dan bila bicara soal peraturan-peraturan yang tidak tertulis. Korea Selatan, negara yang sudah terkenal akan kemodernannya dan kemahirannya dalam membuat benda-benda canggih ini, ternyata masih memiliki peraturan-peraturan serta larangan bersosial dan beretika cukup unik loh, bahkan beberapa diantaranya sering dianggap terlalu aneh bagi sebagian wisatawan yang baru mengetahuinya.

BACA JUGA:

Lalu, apa sajakah larangan atau peraturan tersebut? Berikut 8 diantaranya yang patut kamu ketahui ketika mengunjunginya.

1. Jangan pernah memainkan sumpit

Mirip seperti di Jepang, di Korea Selatan sumpit juga telah menjadi alat makan utama yang sering digunakan daripada sendok. Penggunaanya pun juga terdapat tata caranya, contohnya kamu dilarang menusuk makanan dengan sumpit karena itu bisa berarti kamu tengah menghina tuan rumah ataupun koki yang memasak makanan tersebut. Lalu, kamu juga tidak diperbolehkan menaruh sumpit secara vertikal atau membenamkannya di nasi secara vertikal karena itu akan mengingatkan mereka kepada dupa di pemakaman.

2. Jangan memperlihatkan tatomu

Di Korea Selatan, tato merupakan salah satu hal yang ilegal serta tabu untuk dimiliki dan hanya para pekerja medis saja yang diperbolehkan berurusan dengan hal-hal yang menyerupai hal tersebut. Jika kamu menunjukan tato, bisa saja kamu akan diperlakukan tidak ramah. Bahkan, di negara ini apabila ada seseorang yang memiliki tato, mereka terancam tidak akan pernah mendapat pekerjaan sama sekali.

3. Jangan memakai baju kerah terbuka

Jika berada di Korea Selatan, jangan sekali-kali memakai baju yang memiliki garis kerah yang sangat terbuka, karena masyarakat Korea Selatan menganggap hal tersebut sebagai hal yang tidak sopan. Namun justru sebaliknya, di Korea Selatan rok mini sudah dianggap sebagai hal umum dan wajar dipakai, bahkan remaja-remaja Korea Selatan sering memakainya saat berada di tempat-tempat umum.

4. Dilarang memberikan tip pada pelayan saat makan di kafe

Berbanding terbalik dengan Eropa dan di Amerika yang sangat terbuka dengan pemberian uang tip, memberikan tip di Korea Selatan pada seorang pelayan dianggap sebagai suatu penghinaan. Hal tersebut mereka lakukan semata-mata hanya untuk memberi tahukan kita jika mereka sebenarnya telah diupah dengan gaji yang cukup bagus, sehingga tidak membutuhkan tip. Jika kamu tetap memaksa memberinya tip, maka itu akan sangat menyinggung perasaan mereka.

5. Jangan menyisakan makanan sedikitpun

Orang Korea memiliki sikap yang sangat khusus terhadap makanan, kenangan akan sulitnya mendapatkan makanan ketika perang di masa lalulah yang membuat mereka bersikap seperti itu. Jadi, ketika kalian mengunjungi rumah seseorang di Korea Selatan, sebisa mungkin jangan menolak minuman maupun tidak menghabiskan makanan yang di sajikan oleh tuan rumah. Dan bika kamu tidak menghabiskan makanan di kantin, kafe maupun restoran kamu bisa saja akan mendapat teguran.

6. Jangan menatap penduduk setempat

Orang Korea Selatan juga sangat tidak suka jika privasinya diganggu, salah satunya dengan ditatap. Mereka akan menganggap tatapan tersebut sebagai gangguan pribadi. Selain itu, jangan coba-coba memotret penduduk setempat tanpa meminta izin terlebih dahulu ke mereka jika kamu tidak ingin terkena denda dan berurusan dengan polisi setempat.

7. Jangan kaget ketika seringkali mendengar pembicaraan seputar toilet

Di Korea Selatan, tidak ada yang namanya pembicaraan tabu. Mereka dapat dengan bebas mendiskusikan berbagai hal termasuk urusan saat pergi ke toilet, karena mereka menganggap itu merupakan sesuatu hal yang alami harus terjadi. Saking bebasnya bahkan mereka sudah terbiasa membicarakan hal tersebut, meskipun saat sedang makan atau berkencan sekalipun.

8. Jangan menyentuh orang yang tergeletak di jalanan

Keunikan lain di Korea Selatan adalah tentang budaya meminum alkoholnya. Penduduk Korea Selatan terkenal memiliki sifat yang sangat pekerja keras dan biasanya pada akhir minggu kerja, mereka akan menggunakan waktu tersebut untuk melepaskan lelah dan bersantai dengan rekan kerja sambil minum alkohol. Jadi, jika tiba-tiba kalian mendapati banyak orang sedang berbaring atau tergeletak di jalanan, kalian tidak perlu menyentuh, membangunkan ataupun mencoba membawa mereka pulang. Karena itu sudah menjadi tugas polisi untuk memastikan mereka tidak dirampok dan sampai tiba di rumah dengan selamat.

Tidak terduga bukan, ternyata negara yang sudah maju dan modern seperti Korea Selatan ini masih memiliki peraturan maupun larangan yang cukup unik. Bahkan, beberapa diantaranya juga kerap kali membuat wisatawan merasa bingung.

Meskipun begitu, larangan-larangan tersebut jika kita pelajari lebih jauh lagi sebenarnya memiliki arti yang cukup dalam dan patut di tiru. Contohnya saja ketika adanya larangan menyisakan makanan, yang secara otomatis menuntut kita untuk tidak membuang-buang makanan begitu saja.