GoldenLovers, Kelompok vokal asal Korea Selatan BTS mencetak prestasi gemilang di Amerika Serikat (AS). Album terbaru mereka yang bertajuk Love Yourself: Tear menjadi nomor satu di tangga lagu Billboard 200 AS periode 18-24 Mei 2018.

Album studio ketiga dari BTS itu merupakan album Korean Pop (K-Pop) pertama yang bisa menjadi raja di tangga lagu tersebut. Ini melebihi prestasi album sebelumnya, Love Yourself: Her, yang prestasi tertingginya hanya duduk di peringkat 7 Billboard 200.

Prestasi kelompok beranggotakan 7 orang ini tak hanya itu. Love Yourself: Tear juga menjadi album non-Inggris pertama yang mampu memuncaki Billboard 200 sejak belasan tahun, menyamai prestasi Ancora milik Il Divo.

Pada Februari 2006; album dari kelompok vokal beranggotakan Carlos Marin, Urs Buhler, Sebastien Izambard, dan David Miller itu memuncaki Billboard 200 dengan lagu-lagu berbahasa Spanyol, Italia, Prancis, dan sedikit bahasa Inggris.

Adapun sebagian besar lirik dalam Love Yourself: Tear menggunakan bahasa Korea dan sedikit bahasa Inggris.

Dari segi lagu, BTS belum mampu mengalahkan PSY--penyanyi rap Korea yang dikenal lewat lagu "Gangnam Style". Lagu "Fake Love" milik BTS hanya duduk di peringkat 10 dalam Billboard Hot 100, sementara "Gangnam Style" mampu bertahan di posisi 2 dalam 7 pekan pada 2012.

BACA JUGA:

Meski begitu, karena album Love Yourself: Tear mampu memuncaki Billboard 200, berarti lagu-lagu BTS digemari di AS. Tangga lagu Billboard 200 mengurutkan album-album terpopuler di negeri Paman Sam setiap pekan.

Penjualan pekan perdana Love Yourself: Tear memang melebihi ekspektasi para pengamat yang memperkirakan angka penjualan sekitar 100 ribu unit. Nyatanya, album berisi 11 lagu itu terjual sebanyak 135 ribu unit.

Billboard menggunakan teknik penghitungan multi-metrik dengan satuan unit, bukan album. Maklum pada zaman sekarang; orang menikmati musik berbayar tak selalu dengan membeli album fisik berupa piringan hitam, CD, atau kaset.

Ada beberapa variabel yang masuk hitungan. Pertama, penjualan album fisik. Kedua, penjualan lagu secara daring--misalnya dari iTunes--yang diterjemahkan menjadi album (track equivalent albums/TEA), dan ketiga adalah pengaliran lagu yang diterjemahkan menjadi album (streaming equivalent albums/SEA).

100 ribu unit penjualan Love Yourself: Tear berasal dari penjualan album fisik, 26 ribu dari TEA, dan sisanya 9.000 unit dari SEA.

Sebenarnya ceruk pasar BTS di AS tak beda jauh dengan artis K-Pop lainnya, relatif sempit. Billboard.com mencatat, lagu-lagu mereka jarang terdengar di radio. Namun mereka memiliki penggemar yang sangat setia, bahkan cenderung militan--sebutannya saja ARMY.

Belum lama, BTS kembali membawa pulang Billboard Music Award kategori Top Social Artist. Setahun sebelumnya mereka memenangi penghargaan yang sama.

Kelompok beranggotakan Kim Seok-jin (nama panggung Jin, 25 tahun), Min Yoon-gi (Suga, 25), Jung Ho-seuk (J-Hope, 24), Kim Nam-joon (RM, 23), Park Ji-min (Jimin, 22), Kim Tae-hyung (V, 22), dan Jeon Jung-kook (Jungkook, 20) ini memang beda dari artis K-Pop lain.

"BTS mampu menyihir kesedihan menjadi harapan, dan perbedaan menjadi kesamaan," puji Presiden Korsel Moon Jae-bin dalam surat ucapan selamat kepada BTS pasca mereka memuncaki Billboard 200.

"Anak muda di seluruh dunia bisa nyaman dan menemukan keberanian karena lagu-lagu, tarian, mimpi, dan gairah yang ditularkan BTS," ujar Moon, Senin (28/5/2018).

Hal itu tercermin dari nama boyband yang berdiri sejak 2013 itu. BTS merupakan singkatan dari "Bangtan Sonyeondan" yang berarti "pramuka tahan peluru". Mereka punya idealisme untuk mempertahankan nilai-nilai standar yang diterapkan remaja masa kini.

"'Bangtan' berarti tahan peluru, untuk mempertahankan diri dari stereotipe, kritik, dan ekspektasi, (itu semua) bagaikan peluru yang ditujukan (oleh orang dewasa) pada remaja," ujar J-Hope yang berperan sebagai penyanyi rap dan penari utama BTS.

Depresi cukup mewabah di Korsel. Bunuh diri seakan sudah jadi hal biasa, bahkan masuk ke lima besar penyebab kematian di negeri tersebut. Setiap hari, rata-rata ada 36 warga yang tewas karena bunuh diri.

Anak muda di sana juga rentan terhadap depresi. Banyak tekanan yang mendera mereka, terutama dari segi pendidikan. RollingStone.com mencatat, BTS berusaha memerangi hal ini. "Hiduplah seperti yang kau suka, itu kan hidupmu sendiri," tulis BTS dalam lagu "Fire".

Dalam lagu "Paradise", BTS juga menyatakan hal serupa. "Kita meminjam mimpi dari orang lain, seperti utang. Kita belajar bahwa kita harus menjadi hebat, seperti cahaya. Mimpimu, itu sebenarnya sebuah beban," demikian lirik dalam bait kedua "Paradise" yang dinyanyikan oleh RM.

fShare
0