GoldenLovers, Jangan terburu bilang bagasi hilang karena ternyata ada batasannya. Pengertian bagasi hilang adalah jika setelah 14 hari bawaan penumpang itu tak juga ditemukan. Hal itu berlaku untuk bagasi tercatat dalam penerbangan.

Hitungan jangka waktunya adalah tanggal jam kedatangan penumpang kapal terbang di bandar udara. Demikian menurut Pasal 5 ayat (2) Peraturan Menteri Perhubungan No. 77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

BACA JUGA:

Selama waktu menunggu kepastian bagasinya, pemilik mendapatkan uang tunggu Rp200.000 per hari. Selama 14 hari? Tidak, Saudara. Hanya selama (maksimum) tiga hari.

Lantas bagaimana urusannya kalau bawaan Anda, yang terpisah dari Anda, karena disimpan di ruang dalam perut pesawat itu hilang? Menurut Pasal 4 ayat (1): maskapai akan mengganti kerugian Rp200.000 per kilogram, dan uang paling banyak Rp4 juta.

Yang dimaksudkan oleh peraturan itu tentang bagasi tercatat adalah "barang penumpang yang diserahkan oleh penumpang kepada pengangkut untuk diangkut dengan pesawat udara yang sama". Bagasi tersebut ditempeli kertas klaim.

Selamat mudik dan berlibur selama prei dan cuti Lebaran. Ingatlah hak Anda sebagai konsumen. Tak hanya dalam hal barang bawaan melainkan juga keterlambatan maskapai.

fShare
0