GoldenLovers, Grup musik Efek Rumah Kaca (ERK) akan menjadi salah satu penampil di panggung musik festival bergengsi SXSW 2018. Demi dapat beraksi dalam formasi lengkap di gedung teater Esther's Follies Austin pada 16 Maret mendatang, ERK menggalang dana dengan cara membuka diri terhadap undangan konser musik.

Seperti kita ketahui, ERK sangat jarang tampil di panggung musik lantaran sang vokalis Cholil Mahmud pindah ke New York sejak 2016. Terakhir, mereka tampil bersama di konser dadakan pada Juli 2017, saat Cholil pulang ke Jakarta. Pada Oktober 2017, ERK tampil di Synchronize Festival tanpa Cholil.

Kabar mengenai penggalangan dana diumumkan ERK lewat foto media sosial yang disebar pada Senin siang, 12 Februari 2018. Untuk memenuhi permintaan konser, Cholil akan kembali ke Indonesia.


"Dalam rangka penggalangan dana agar kami dapat tampil dengan formasi lengkap pada festival SXSW, yang akan berlangsung tanggal 16 Maret 2018 nanti, pada sisa hari dalam bulan Februari ini hingga awal Maret, kami akan kembali menerima jadwal manggung antara tanggal 18 Februari hingga 3 Maret 2018," tulis akun Instagram @sebelahmata_erk.

"Vokalis kami, Cholil Mahmud secara khusus akan kembali ke Indonesia dalam periode waktu yang singkat tersebut," lanjut mereka.

Dalam tiga foto berseri, ERK menjelaskan bagaimana mereka bisa tampil. Penyelenggara bisa mengirim permintaan dengan informasi tentang rencana acara dan perkiraan tanggal. Dalam 24 jam, pihak ERK akan mengirim informasi biaya dan rider atau permintaan khusus.

ERK dibentuk pada 2001 oleh Cholil, Adrian Yunan Faisal, Airil Nur Abadiansyah, dan Akbar Bagus Sudibyo. Hingga kini mereka telah merilis tiga album penuh, yaitu Efek Rumah Kaca (2007), Kamar Gelap (2008), and Sinestesia (2015). Terakhir mereka merilis singel Merdeka pada Agustus 2016.