GoldenLovers, Tiga film baru mendominasi puncak box office Amerika Serikat akhir pekan lalu (periode 9-11 Februari). Berurutan dari nomor satu adalah drama erotis Fifty Shades Freed, film animasi Peter Rabbit, dan drama terorisme The 15:17 to Paris.

Tiga film beda genre itu mampu mengangkat box office negeri Paman Sam setelah dilanda akhir pekan sepi (2-4 Februari) yang disebabkan ajang Super Bowl. Secara total, ketiganya menghasilkan US $76,4 juta (Rp1,04 triliun), lebih besar dari angka total pendapatan 10 besar box office pekan sebelumnya yang "hanya" US $65,8 juta.

Fifty Shades Freed adalah film ketiga sekaligus terakhir dari seri Fifty Shades yang diangkat dari novel-novel berjudul sama karangan E.L. James.

Meski jadi juara, pendapatan pekan perdana Fifty Shades Freed sebesar US $38,8 juta relatif kecil dibanding dua film sebelumnya. Fifty Shades Darker (2017) meraup US$46,6 juta, sementara Fifty Shades of Grey (2015) mendapat US $85,2 juta.

Meski begitu, film ketiga yang digarap oleh sutradara James Foley ini berhasil membuat pencapaian sebesar US $1 miliar untuk trilogi Fifty Shades dari seluruh dunia.

Mengenai pasar global, Fifty Shades Freed memang lebih laku di luar AS dengan perolehan US $98,1 juta sehingga total pendapatannya mencapai US $136,9 juta dari seluruh dunia. Dengan demikian kemungkinan film ini sudah balik modal, mengingat bujet produksinya relatif kecil, sebesar US $55 juta--belum termasuk biaya pemasaran.

Dalam film ini, Christian Grey (Christian Grey) dan Anastasia Steele (Dakota Johnson) menjalani hidup baru sebagai suami-istri. Mereka berpikir sudah aman dan nyaman, tapi ternyata bayangan kelam dari masa lalu kembali mengusik kebahagiaan keduanya.

Sementara Peter Rabbit yang duduk di peringkat kedua dengan perolehan US $25 juta merupakan adaptasi dari kisah klasik mengenai seekor kelinci pemberontak yang berusaha memasuki kebun sayuran milik seorang petani.

Seperti film animasi pada umumnya, produksi Columbia Pictures ini juga menggunakan aktor-aktor ternama sebagai pengisi suara. Film ini juga merupakan gabungan animasi dengan aktor betulan, seperti Space Jam (1996).

Peter si Kelinci diisi suara oleh James Corden. Pengisi suara lain meliputi Daisy Ridley, Rose Byrne, dan penyanyi Sia. Sementara barisan aktor hidup adalah Domhnall Gleeson dan Sam Neill.

The 15:17 to Paris dengan pencapaian US $12,6 juta merupakan karya terbaru aktor menjelma sutradara Clint Eastwood. Ia mengadaptasi buku otobiografi "The 15:17 to Paris: The True Story of a Terrorist, a Train, and Three American Soldiers" yang ditulis oleh Jeffrey E. Stern, Spencer Stone, Anthony Sadler, dan Alek Skarlatos.

Tak seperti otobiografi diangkat film pada umumnya, 15:17 menampilkan para penulisnya yaitu Stone, Sadler, dan Skarlatos. Dalam film mereka bertiga menjadi diri sendiri, ketika ketiganya berusaha menyelamatkan sebuah kereta dari ancaman teroris. Selain tiga non-aktor itu, 15:17 diperkuat Jenna Fischer, Judy Greer, dan Tony Hale.

Di luar tiga film itu, peringkat empat Jumanji: Welcome to the Jungle ternyata masih punya taji. Film yang sudah bercokol selama delapan pekan ini masih mampu memperoleh US $9,8 juta. Penurunannya hanya 10,1 persen dibanding periode sebelumnya, paling kecil di antara yang lain.

Pekan depan, box office dunia hampir pasti akan diramaikan oleh film terbaru dari Marvel yaitu Black Panther--tayang pada Rabu (14/2/2017) di Indonesia.

Berikut 10 film terlaris di AS pada periode 9-11 Februari yang dilansir dari Box Office Mojo:

  1. Fifty Shades Freed - US $38,8 juta (pekan perdana)
  2. Peter Rabbit - US $25 juta (pekan perdana)
  3. The 15:17 to Paris - US $12,6 juta (pekan perdana)
  4. Jumanji: Welcome to the Jungle - US $9,8 juta (total US $365,6 juta - pekan 8)
  5. The Greatest Showman - US $6,4 juta (US $146,5 juta - pekan 8)
  6. Maze Runner: The Death Cure - US $6 juta (US $49 juta - pekan 3)
  7. Winchester - US $5 juta (US $17,2 juta - pekan 2)
  8. The Post - US $3,5 juta (US $72,8 juta - pekan 8)
  9. The Shape of Water - US $4,3 juta (US $49,8 juta - pekan 11)
  10. Den of Thieves - US $2,9 juta (US $40,9 juta - pekan 4)
fShare
0