GoldenLovers, Libur Lebaran hampir tiba. Rupanya, sebagian pelaku film Indonesia juga mengambil libur. Jika bulan lalu ada belasan film, kali ini jumlah film lokal yang tayang tak sampai 10.

Minggu pertama dan kedua Juni bahkan tak dihiasi film nasional sama sekali. Namun sekalinya ada, hampir semuanya menumpuk pada 15 Juni, hari pertama Lebaran. Ada lima film yang tayang pada tanggal tersebut. Ini melebihi tahun lalu, ketika ada empat film yang meramaikan Hari Raya Idul Fitri.

Yang menarik, ada dua film garapan sutradara Rizal Mantovani yang tayang pada tanggal tersebut. Kebetulan, keduanya sama-sama mengusung genre horor yaitu Kuntilanak dan Jailangkung 2. Kebetulan lagi, kedua film ini sama-sama berasal dari film produksi ulang bikinan Rizal.

Kuntilanak merupakan produksi ulang dari film berjudul sama yang tayang pada 2006. Jika dulu bintang filmnya adalah Julie Estelle, kini ada Aurelie Moeremans.

Kuntilanak versi 2018 mengisahkan sekelompok anak kecil yang nekat menjelajahi sebuah rumah tua demi memenangkan sayembara untuk membuktikan adanya makhluk halus penculik anak-anak di sana.

Ramainya horor pada musim Lebaran tampaknya mengikuti kesuksesan film Jailangkung pertama. Tahun lalu, film itu mendobrak tren. Sangat jarang musim libur Idul Fitri diisi film horor. Biasanya film Indonesia yang mendominasi suasana libur mengusung genre religi, komedi, dan drama keluarga.

Langkah berani Legacy Pictures berbuah manis, karena Jailangkung laris dan ditonton lebih dari 2,5 juta orang, menjadikannya film terlaris kelima pada 2017.

Film keduanya masih menampilkan Jefri Nichol dan Amanda Rawles. Jailangkung 2 akan mengeksplor dunia bawah laut, meski inti cerita tetap berkutat pada teror boneka jailangkung yang menjadi medium para arwah untuk berkomunikasi dengan manusia.

Selain Jailangkung 2, ada satu lagi sekuel melanjutkan film pertamanya yang tayang pada Lebaran tahun lalu. Film tersebut adalah Insya Allah Sah! 2.

Film pertamanya cukup sukses, mampu mengundang lebih dari 800 ribu orang ke bioskop. Pandji Pragiwaksono kembali memerankan Raka, pemuda lugu yang baik hati. Jika dulu ada Titi Kamal, kini tokoh utama perempuan diperankan Luna Maya yang memerankan karakter wanita hamil bernama Mutia.

Insya Allah Sah! 2 bukan satu-satunya komedi yang menghiasi libur Lebaran. Ada Dimsum Martabak dan Target.

Target merupakan film yang disutradarai dan dibintangi oleh Raditya Dika. Kali ini, ia mengusung genre komedi-aksi, yang menjadi pembeda dari karya-karya Raditya sebelumnya.

Dalam film ini, hampir semua aktor memerankan diri sendiri. Mereka hendak syuting film berjudul Target, tapi ternyata itu hanya jebakan untuk membuat mereka saling membunuh hingga tersisa satu orang.

BACA JUGA:

Sementara Dimsum Martabak merupakan debut pedangdut Ayu Ting Ting di dunia film. Dalam film yang diproduseri oleh Raffi Ahmad ini, Ayu dipasangkan dengan Boy William. Kisahnya berkutat dalam dunia kuliner, dari dimsum di restoran Cina hingga bisnis martabak yang dijual menggunakan truk makanan.

Seminggu setelah Hari Raya, belum ada film Indonesia yang tayang. Seminggu kemudian, tepatnya 28 Juni ada dua film yang siap tayang yaitu Kulari ke Pantai dan Rasuk.

Kulari ke Pantai merupakan usaha teranyar Miles Films untuk mengangkat genre film anak-anak. Produser Mira Lesmana kembali berkolaborasi dengan sutradara Riri Riza untuk Kulari ke Pantai, setelah sukses dengan Petualangan Sherina (1999) dan Laskar Pelangi (2008).

Selain mengusung genre anak-anak, Kulari ke Pantai juga merupakan film tentang perjalanan. Penonton akan diajak menjelajahi Pulau Jawa melalui darat, dari Jakarta hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Lalu beranjak ke Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.

Sementara, Rasuk merupakan film pertama Shandy Aulia (30) setelah kontrak eksklusifnya selama 16 tahun dengan Soraya Intercine berakhir. Film garapan Ubay Fox ini juga dibintangi oleh Miller Khan, Denira Wiraguna, dan Josephine Firmstone.

Berikut ini daftar lengkap film Indonesia yang akan tayang pada bulan Juni, disusun dari penayangan paling awal. Jadwal tayang sewaktu-waktu bisa berubah.

Kuntilanak (15 Juni) | Sutradara: Rizal Mantovani | Pemain: Sandrinna M Skornicki, Andryan Bima, Ciara Nadine Brosnan, Adlu Fahrezy, Ali Fikry, Aurelie Moeremans, Fero Walandouw, Nena Rosier, Aqi Singgih | Produksi: MVP Pictures

Jailangkung 2 (15 Juni) | Sutradara: Jose Poernomo, Rizal Mantovani | Pemain: Jefri Nichol, Amanda Rawles, Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, Gabriella Quinlyn, Naufal Samudra, Dania Michell, Deddy Soetomo | Produksi: Sky Media, Legacy Pictures

Dimsum Martabak (15 Juni) | Sutradara: Andreas Sullivan | Pemain: Ayu Ting Ting, Boy William, Meriam Bellina, Acho Muhadkly, Denira Wiraguna, Tyas Mirasih, Ferry Salim, Olga Lydia, Chew Kin Wah | Produksi: RA Pictures

Target (15 Juni) | Sutradara: Raditya Dika | Pemain: Raditya Dika, Cinta Laura Kiehl, Samuel Rizal, Willy Dozan, Abdur Arsyad, Hifdzi Khoir, Ria Ricis, Romy Rafael, Anggika Bolsterli | Produksi: Soraya Intercine Films

Insya Allah Sah! 2 (15 Juni) | Sutradara: Anggy Umbara, Bounty Umbara | Pemain: Pandji Pragiwaksono, Donny Alamsyah, Luna Maya, Nirina Zubir, Miller Khan, Ray Sahetapy, Tanta Ginting, Meriam Belina, Dewi Yull | Produksi: MD Pictures

Rasuk (28 Juni) | Sutradara: Ubay Fox | Pemain: Shandy Aulia, Miller Khan, Denira Wiraguna, Gabriella Desta, Josephine Firmstone, Baron Hermanto, Maya Kusuma, Abi Canser | Produksi: MD Pictures, Dee Company

Kulari ke Pantai (28 Juni) | Sutradara: Riri Riza | Pemain: Maisha Kanna, Lilli Latisha, Marsha Timothy, Ibnu Jamil, Suku Dani, Varun Tandjung, Karina Suwandi, Lukman Sardi, M. Adhiyat | Produksi: Miles Films