GoldenLovers, "Aku melihat hiu!" seru Amanda Rawles. Telapak tangan kanannya ditaruh di atas dahi, sebuah gestur dalam scuba diving (menyelam di laut) yang menandakan kalau ada hiu berkeliaran di sekitar para penyelam.

Gerakan tersebut dipraktikkannya dalam acara konferensi pers Jailangkung 2 di Kinosaurus, Kemang, Jakarta Selatan.

Aktris berusia 17 tahun itu menjelaskan pengalamannya saat syuting film tersebut, ketika ada adegan yang mengharuskan ia dan Jefri Nichol menyelam di perairan Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.

Kedua aktor yang bermain dalam Jailangkung (2017) ini kompak menyatakan bahwa hal yang paling menantang dari syuting film garapan sutradara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani itu adalah adegan tersebut.

Keduanya belum pernah menyelam, jadi mereka belajar dulu selama tiga hari di Jakarta Ocean Dive, Ragunan, Jakarta Selatan, pada Desember 2017. Untungnya mereka termasuk cepat bisa.

"Setelah itu orang diving-nya bilang kami cukup bagus untuk pemula," ujar Amanda.

Namun, saat itu musim hujan sehingga perairan Bunaken masih ganas untuk ditaklukkan para penyelam pemula. Syuting pun ditunda hingga Maret 2018.

Sewaktu syuting di dalam laut, Amanda dan Jefri menyelam 15 hingga 40 meter. Keduanya sangat antusias ketika menceritakan pengalaman mereka.

"Syuting di bangkai kapal, terus ada terumbu karang. Ada tempat namanya The Wall, bentuknya kayak palung, di dindingnya ada karang-karang," jelas Jefri dengan wajah semringah. Palung adalah jurang yang berada di dasar laut.

Saking dalamnya perairan Bunaken, ada lampu penerang yang tenggelam dan tak bisa diambil lagi. "Dikejar sampai kedalaman 53 meter masih belum ketemu. Sampai sudah gelap banget airnya," ujar sutradara Jose Poernomo.

"Syuting diving di Bunaken benar-benar suatu pengalaman yang magis. Senang sih, film baru, tambah skill baru," tambah Jefri.

BACA JUGA:

Sementara Amanda melakukan persiapan fisik dengan serius sebelum syuting. "Aku sempat nge-gym, olahraga terus selama beberapa bulan agar badan aku fit. Karena horor ya, aku harus lari-lari, ada adegan diving."

Meski secara fisik ia sudah kuat, tapi Amanda sempat ragu untuk masuk ke dalam laut yang cukup dalam.

"Aku geli banget dan enggak berani sama makhluk laut. Akhirnya aku memberanikan diri, mengintip, ternyata karangnya indah banget," ujar perempuan berdarah Australia ini.

"Ikannya juga ternyata enggak bakal mengganggu kita, mereka justru takut sama kita," jelas Amanda.

Soal hiu, Amanda sempat panik dan memberi gestur ingin naik ke permukaan laut. "Aku mengintip, ternyata hiunya ada di bawah aku, tapi jauh sih."

Pengalaman menyeramkan bertemu hiu ia anggap tidak sebanding dengan indahnya perairan Bunaken. "Ada penyu, lucu banget! Aku kejar-kejar dan minta direkam, demi Instagram, he-he-he," ujar Amanda sambil tertawa.

Adegan menyelam hanyalah secuil dari film Jailangkung 2. Teror utamanya masih datang dari jailangkung, boneka medium untuk para arwah berkomunikasi dengan manusia.

Dalam film pertama, Bella (Amanda) adalah orang yang memainkan boneka. Kini, adiknya, Tasya (Gabriella Quinlyn) yang jadi pelaku.

Tasya menonton video lama ayahnya saat berkomunikasi dengan almarhum istrinya. Rindu sang ibu, Tasya pun merakit dan memainkan jailangkung, kembalinya memunculkan berbagai setan yang hendak mencelakakan keluarganya.

Selain Amanda, Jefri, dan Gabriella, Jailangkung 2 dibintangi oleh Hannah Al-Rashid, Lukman Sardi, Naufal Samudra, Danie Michelle, dan Deddy Sutomo.

Jailangkung 2 akan tayang pada Lebaran, sekitar akhir Juni. Film ini melanjutkan kesuksesan Jailangkung, yang juga tayang di libur Lebaran, berhasil mendatangkan 2,5 juta penonton dan menjadi film terlaris kelima pada 2017.