GoldenLovers, Pasar Baru bukan hanya tempat wajib kunjung bagi pencinta kosmetik dan kuliner. Terkenal sebagai salah satu tempat bersejarah di Jakarta, Pasar Baru juga dikenal sebagai tempat penjual bahan-bahan tekstil dan rumah dari bakmi Aboen yang legendaris.

Di tempat ini sebenarnya ada museum bagi si pecinta foto dan sejarah. Tempat yang dimaksud adalah Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA).

Bagi para fotografer profesional, tempat ini merupakan tempat wajib kunjung. Untuk yang non-fotografer sering terkecoh mengira properti ini adalah properti pribadi.

Museum ini memang menyatu dengan kantor dari Lembaga Kantor Berita Nasional Antara. Namun, ruangan museum dan galeri bisa diakses bebas untuk umum. Untuk mengakses tempat ini, Anda tinggal masuk saja tanpa ada biaya yang dipungut.

BACA JUGA:

Kalau berkunjung ke sini, Anda bisa mengakses lantai pertama yang berisi pameran yang sedang digelar. Di ruangan sebelah kiri, masih terdapat ruang pameran. Ruangan ini juga difungsikan sebagai tempat berkumpul, diskusi atau duduk-duduk santai.

Terkadang diadakan talkshow atau acara seminar di tempat ini. Di sebelah kanan, ada ruangan kecil yang berfungsi sebagai toko tempat menjual buku-buku foto dan pernak-pernik lainnya.

Jangan berhenti di sini karena ada lantai dua yang bisa dijelajahi. Ruangan ini memang tidak memamerkan pameran apapun. Namun di lantai ini Anda bisa melihat koleksi-koleksi antik milik Antara Foto.

Ada komik yang menceritakan peristiwa Rengasdengklok, patung 3 bapak negara (Soekarno, Hatta dan Sjahrir), mesin ketik tua, dan motor tua. Ada banyak sejarah yang tersimpan di gedung ini.

Untuk akses mencapai tempat ini, Anda bisa memakai transportasi umum seperti kereta dan berhenti di Stasiun Juanda. Dari Stasiun Juanda, Anda cukup berjalan 5 menit sebelum sampai di GFJA. Tempat ini juga mudah diakses menggunakan Transjakarta dan berhenti di Stasiun Pasar Baru.