GoldenLovers, Raisa baru saja merilis singel baru berjudul Lagu Untukmu. Singel itu ditulis Raisa atas perenungan soal hubungan emosional dengan ibunya.

"Lagu ini tentang kerinduan anak kepada ibunya. Kerinduan anak yang sudah dewasa. Rindu (yang muncul) dari orang yang sudah keluar dari rumah (orangtua). Layer-nya sedikit berbeda dari kerinduan dalam konteks sewaktu anak-anak," kata Raisa.

Penulisan Lagu Untukmu bisa dibilang spontan, Raisa awalnya tidak merencanakan lagu dengan tema itu. Mulanya, ketika Raisa pulang ke rumah orangtua, Raisa merasa ada yang hampa karena sang ibu sedang tidak berada di rumah. Dari situ Raisa meresapi sosok seorang ibu yang selalu dirindukannya.

"Merasa sedih waktu di mobil pas jalan pulang (dari rumah orangtua), terus belok ke rumah Ifa Fachir untuk tulis lagunya," lanjut istri dari aktor Hamish Daud itu dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis, 31 Mei 2018.

BACA JUGA:

Ifa Fachir, mantan personel Maliq & D'Essentials bukan orang baru bagi Raisa. Keduanya telah cukup lama bekerjasama dalam penulisan dan aransemen lagu. Uniknya, Raisa hanya butuh waktu 1,5 jam untuk merampungkan penulisan Lagu Untukmu. Keseluruhan proses pengerjaan lagu mulai dari rekaman, mixing dan mastering menghabiskan 14 hari, sebuah waktu yang singkat bagi Raisa dibanding karya lagu lainnya.

Ketika lagu telah jadi, Raisa kemudian mengirimkan pada ibunya. Sang ibu pun tak kuasa menahan tangis haru.

"Umur lagu pasti lebih panjang dari penyanyinya, nanti-nanti kalau orang dengar lagu ini dan mengetahui kisah di balik lagu ini dan orang tahu ada kisah ibuku di lagu ini," ujar Raisa.

Perilisan Lagu Untukmu pada momen bulan Ramadan bukan tanpa alasan. Ardyanto Pratomo, CEO Juni Records, perusahaan rekaman yang menaungi Raisa mengatakan bahwa Lagu Untukmu merupakan singel yang mampu membuat pendengarnya untuk merefleksikan diri tentang sosok Ibu. Selain itu, momen mudik Lebaran - konsep pulang ke kampung halaman untuk bertemu ibu -seolah tepat sesuai isi lagu.

"Lagu ini bisa jadi theme song merayakan hari raya, merefleksikan (arti ibu)," ujar Ardyanto alias Boim.

Lagu Untukmu telah dirilis dalam format digital, dapat didengarkan melalui beragam layanan streaming musik. Sedangkan video musik Lagu Untukmu akan dirilis dalam waktu dekat ini.