GoldenLovers, Tom Cruise dikenal sebagai aktor yang senang melakukan aksi berbahaya sendiri, tanpa pemeran pengganti. Meski kini usianya sudah 55, Cruise malah makin berani. Ia kembali memamerkan aksi berbahaya dalam filmnya yang akan datang yaitu Mission: Impossible - Fallout.

Langit seakan sudah tak lagi jadi batasan untuk Cruise dalam melakukan aksinya. Dalam video di balik layar film tersebut yang dirilis Minggu (3/6/2018), terungkap bahwa aktor dengan tinggi badan 170 cm itu melakukan terjun payung dari pesawat yang berada di ketinggian 25 ribu kaki (7.260 meter).

Kepalanya menggunakan masker oksigen, tapi wajah Cruise masih jelas terlihat--helm tersebut didesain secara khusus untuk film ini.

"Tom adalah aktor pertama yang melakukan teknik HALO di depan kamera," ujar sutradara Christopher McQuarrie.

BACA JUGA:

HALO (High Altitude Low Opening) adalah teknik terjun bebas yang dikembangkan militer pada 1960-an. Seperti namanya, penerjun berada pada ketinggian ekstrem, di atas kemampuan terbang pesawat musuh. Ia baru membuka parasut saat sudah berada di ketinggian rendah, sekitar 4 ribu kaki (1.219 meter) di atas permukaan tanah.

Penerjun akan menempuh kecepatan sekitar 200km/jam dan jatuh bebas selama dua menit. Teknik tersebut bertujuan agar penerjun bisa menyergap musuh dengan cepat.

Teknik terjun lainnya adalah High Altitude High Opening (HAHO). Penerjun membuka parasut hanya beberapa detik setelah terjun. Pendaratan akan lebih akurat, tapi penerjun rentan terkena serangan dari musuhnya, karena parasut memperlambat kecepatan terbang.

Teknik HALO tentu saja berbahaya bagi pelakunya. Tak hanya dari bahaya musuh, segi kesalahan teknis saat penerjunan, seperti parasut yang gagal terbuka, atau keadaan alam seperti angin kencang, tapi juga dari kondisi yang tidak terbiasa dihadapi manusia.

Karena ketinggiannya ekstrem--tak beda jauh dari ketinggian pesawat komersial yang sekitar 9.000-10.000 meter--penerjun harus menggunakan topeng oksigen dan membawa tabungnya.

Itu juga tidak menjamin keselamatan. Penerjun tetap rentan mengalami hipoksia, kondisi ketika darah kekurangan oksigen karena perubahan ketinggian yang drastis.

Seperti para penyelam bawah laut, tubuh penerjun juga bisa mengalami dekompresi karena perubahan tekanan udara yang drastis. Gejalanya mirip sekali dengan penyakit stroke, seperti mati rasa, lumpuh, bahkan kehilangan kesadaran yang bisa menyebabkan meninggal dunia.

Untuk menanggulangi ragam bahaya tersebut, penerjun harus melakukan latihan intensif.

"Apa yang Tom lakukan dalam film ini akan lebih hebat daripada sebelumnya," ujar produser David Ellison pada tahun lalu, ketika aksi Cruise dalam Fallout masih dirahasiakan. "Ia berlatih selama setahun. Saya yakin ini akan menjadi hal paling impresif dan sukar dipercaya yang dilakukan Tom dalam sebuah film."

Untuk mendapat gambar sebagus mungkin, Cruise melakukan sekitar 100 kali lompatan HALO bersama seorang juru kamera di atas langit Uni Emirat Arab. Film-film dari waralaba Mission: Impossible (MI) memang selalu istimewa bagi sang aktor, yang memerankan agen spesial Ethan Hunt sejak Mission: Impossible (1996).

Dalam Mission: Impossible - Ghost Protocol (2011), aktor dengan tinggi badan 170cm itu bergelantungan di gedung tertinggi dunia, Burj Khalifa (828 meter) di Dubai, Uni Emirat Arab.

Adegan berbahaya dalam Mission: Impossible - Rogue Nation (2015) juga tak kalah menegangkan bagi Cruise. Adegan pembukanya menampilkan bapak tiga anak ini bergelantungan di sebuah pesawat kargo yang sedang lepas landas.

Kisah Fallout relatif mirip dengan film-film Mission: Impossible sebelumnya. Ethan Hunt dan tim IMF (Impossible Mission Force) harus berpacu dengan waktu menyelesaikan misi setelah sempat mengalami kegagalan.

Tokoh antagonis dalam film ke-6 dari waralaba Mission: Impossible tersebut diperankan oleh Henry Cavill, pemeran Superman dalam Justice League (2016).

Selain Cruise, Fallout kembali dibintangi Rebecca Ferguson, Michelle Monaghan, Simon Pegg, Alec Baldwin, Sean Harris, dan Ving Rhames. Sementara aktor anyar selain Cavill adalah Vanessa Kirby, Angela Bassett, dan Wes Bentley.

Mission: Impossible - Fallout akan tayang di Amerika Serikat pada 27 Juli.

fShare
0