GoldenLovers, Jadi seniman memang harus panjang akal. Halangan anggap sebagai tantangan. Itu yang ditunjukkan Elfonda Mekel saat dipercaya mengisi lagu tema film Terbang: Menembus Langit garapan Fajar Nugros.

"Sebenarnya proses penggarapan lagu ini mepet banget. Tawaran datang pas menit-menit terakhir. Ibaratnya injury time lah," ungkap Once, sapaan akrab Elfonda, di Avenue of the Stars, Kemang Village, Jakarta Selatan (16/4/2018).

Susanti Dewi, produser film Terbang, yang datang di tengah proses wawancara langsung menimpali, "Kalau bukan Mas Once sih, enggak bakalan terkejar deadline lagu ini. Hebat lah." Sosok yang mendapat pujian hanya bisa tersipu.

Solis yang kini berusia 47 menceritakan, proyek menyanyikan tema lagu berawal dari pertemuannya dengan Santi pada awal 2018.

"Awalnya saya tawarkan lagu yang sudah jadi, judulnya 'Nyali'. Hanya menurut mereka perlu ada perubahan lirik agar sesuai dengan tema filmnya. Akhirnya sekalian bikin lagu baru. Lirik sebagian besar datang dari Mas Onggy Hianata agar sesuai dengan cerita dalam film yang notabene berisi kisah perjuangan hidupnya," tambahnya.

BACA JUGA:

Tanpa sempat menonton keseluruhan film yang kala itu sebenarnya sudah rampung, Once mengebut memulai proses rekaman dan rampung Februari. Acuannya hanya sinopsis cerita. Agar lancar, Once dan Santi kerap saling berkomunikasi.

Mantan vokalis kelompok Dewa itu menginsafi bahwa yang paling penting dari lagu tema adalah kesesuaiannya dengan cerita yang disajikan sutradara.

"Juga punya pesan yang menempel di benak penonton. Istilahnya, masih dengar intro saja, orang sudah bisa mengasosiasikannya dengan film yang bersangkutan. Dan akhirnya saling menguntungkan," kata Once yang sebelumnya mengisi soundtrack film Dealova (2005) dan Senjakala di Manado (2016).

Untuk menggarap lagu "Terbang", Once yang juga bertugas sebagai produser dibantu oleh Fabio Farisco untuk menyempurnakan lirik dan aransemen musik. Salah satunya menambah instrumentalia string section.

Keputusan Demi Istri Production menggarap film Terbang juga diapresiasi Once. Menurutnya sangat penting jika sebuah film menggambarkan orang Indonesia yang punya bermacam suku, ras, agama, dan golongan. Pun dengan spektrum kehidupan yang tak kalah beragam.

"Film ini juga menitipkan pesan kepada kita untuk selalu semangat mewujudkan cita-cita. Segala kesuksesan pasti datang berkat kerja keras. Selain kandungan ceritanya yang penting, secara artistik film ini juga dieksekusi dengan sangat bagus," pungkasnya.

Film Terbang: Menembus Langit yang dibintangi Dion Wiyoko, Laura Basuki, Baim Wong, Chew Kin Wah, Delon Thamrin, Aline Adita, Melissa Karim, dan Dinda Hauw tayang mulai 19 April 2018.