GoldenLovers, Ketika puasa, kesehatan tubuh tetap harus dijaga. Apalagi, cairan dalam tubuh akan berkurang saat puasa. Bila kekurangan cairan tubuh, maka bisa memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kulit.

Salah satu yang akan terjadi pada kulit saat bulan puasa adalah kulit kering dan dehidrasi. Dr Ratna Purnamasari, Mecial Advisor PT Glanium Pharmasia Laboratories saat ditemui dalam acara peluncuran kemasan baru Oilum pada hari Selasa (8/5/2018) mengatakan, “Saat puasa kita pasti kekurangan cairan dan berpengaruh pada kulit.”

BACA JUGA:

Untuk itu, Anda perlu tetap memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas sehari. “Kita sering menyarankan untuk membagi cairan. Minimal kita harus minum 8 gelas sehari dan itu bisa diatur. Misalnya, 3 gelas pertama saat mempersiapkan sahur sampai imsak. Kemudian, saat buka puasa sampai kita tidur bisa kita bagi sampai 5 gelas,” saran Dr Ratna.

Selain itu, pastikan Anda selalu memakai pelembap supaya kulit tidak kering. Apalagi, saat puasa, kulit memang mengalami dehidrasi besar. Namun, hindari terlalu sering mencuci wajah dengan sabun. Untuk menyegarkan diri atau kulit, Anda bisa memanfaatkan semprotan wajah. Gunakan juga masker wajah sekali atau dua kali dalam seminggu untuk membantu sirkulasi darah di wajah.

Hal lain yang tidak boleh terlupakan adalah melakukan perawatan kulit. Pilih sabun dan scrub wajah yang tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate) karena bisa mengambil kelembapan alami di tubuh Anda. Lebih baik gunakan pembersih wajah dengan tekstur gel (buat kulit kering) dan sabun wajah jenis foam (untuk kulit minyak).