GoldenLovers, Di era media sosial seperti sekarang ini, membagikan foto-foto di media sosial dipercaya bisa meningkatkan eksistensi Anda. Namun, ada baiknya Anda selektif memilih foto yang akan diunggah karena bisa memicu reaksi yang berlebihan dari warganet atau malah membahayakan diri Anda.

Apa saja foto-foto yang sebaiknya tidak diposting di media sosial? Berikut dilansir dari Reader's Digest.

1. Boarding pass

Menurut Brian Krebs, penulis dan pendiri Krebsonsecurity.com, memosting foto boarding pass bisa sangat berbahaya. Dengan sedikit tipuan, peretas dapat mengakses nomor telepon, tanggal lahir, dan bahkan data paspor Anda. Berdasarkan nomor pemesanan Anda, para penjahat juga dapat mencari tahu kapan Anda pergi dan kembali. Dengan mengetahui bahwa Anda sedang tidak di rumah, rumah Anda bisa terancam pencuri.

2. Uang

Memosting foto slip gaji, kartu kredit, buku tabungan dan tumpukan uang tunai dapat meningkatkan risiko dirampok.

3. Akta kelahiran

Dengan memosting foto akta kelahiran yang merupakan salah satu jenis dokumen penting sangat berisiko. Menurut Identity Theft Resource Center, membiarkan dokumen penting seperti ini jatuh ke tangan orang asing dapat menyebabkan dampak negatif. Akta kelahiran dianggap sebagai dokumen dasar dan dapat digunakan untuk keperluan pembuatan jaminan sosial baru, atau bahkan surat izin mengemudi. Jika seseorang menyalahgunakannya, hal itu bisa sangat berbahaya.

BACA JUGA:

4. Anak orang lain

Memposting foto wajah anak-anak yang tersenyum mungkin tampak tidak berdosa, tetapi sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum memosting foto anak di bawah umur di media sosial. Pastikan Anda mematuhi Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak-anak tahun 1998 dan aturannya terkait postingan informasi identitas termasuk sekolah anak-anak, nama lengkap, atau kota asal, pertama.

Pada 2012 di Georgia dan New Jersey, misalnya, undang-undang yang disahkan membuatnya ilegal bagi siapa pun selain orang tua untuk memotret anak di bawah umur.

5. Ketika sedang berada di klub malam

Menurut Inc.com memposting foto Anda ketika sedang memegang bir mungkin bukan masalah besar. Namun, ketika Anda sedang ingin melamar sebuah pekerjaan, jelas hal itu bisa membuat kesan pertama yang buruk. Menurut Time, jika perusahaan Anda saat ini percaya bahwa perilaku itu bisa merusak reputasi perusahaan, Anda dapat dipecat.

TIPS KESEHATAN DAN GAYA HIDUP

loading...