GoldenLovers, Bagi generasi milenial, menjadi entrepreneur kini seolah menjelma sebagai cita-cita yang begitu trendi. Didukung kehadiran teknologi digital sebagai platform utama dalam pemasaran, remaja kreatif berusia belasan tahun pun dapat mendulang ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Tren menjadi seorang entrepreneur pun diperkirakan akan meningkat. Sifat bisnis yang sangat dinamis dan membuka lebar peluang beragam komoditas juga sangat menggairahkan bagi pelaku usaha. Mulai dari kebutuhan yang esensial dalam kehidupan sehari-hari hingga hal-hal bersifat tersier sama-sama berpotensi menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Namun yang perlu diperhatikan, menjadi entrepreneur pada dasarnya bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan—hingga dikorbankan—untuk menjadi entrepreneur sukses. Tak lupa, tantangan untuk mempertahankan kesuksesan bisnis juga menjadi hal yang harus diantisipasi sejak awal.

Masing-masing individu tentu memiliki strateginya tersendiri untuk mencapai titik tersebut. Bagi Anda yang juga ingin berkecimpung dalam riuhnya persaingan entrepreneurship, berikut adalah lima tips menjadi entrepreneur sukses yang telah dilakukan dan terbukti hasilnya pada Oprah Winfrey, J. K. Rowling, hingga mendiang Steve Jobs.

Memiliki Tujuan dan Standar

Sebelum jauh berbicara dan merencanakan bisnis yang akan dijalankan, Anda harus memiliki tujuan yang jelas mengenai apa yang ingin dicapai dari aktivitas ini. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah untuk membuat rencana strategis dan tidak mudah menyerah selagi menapaki prosesnya.

Di samping tujuan, Anda juga perlu menetapkan standar. Keberadaan standar ini yang akan menjadi patokan kualitas aktivitas bisnis yang dilakukan. Mengingat bisnis yang diharapkan akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka ada baiknya juga merencanakan target (tujuan) di setiap periode tertentu dengan standar tertentu.

Mengenali Potensi Diri

Pada dasarnya, seorang entrepreneur sejati mengetahui kapasitas dirinya. Pun bila Anda ingin menjadi sosok yang demikian, maka Anda harus mengenali apa yang menjadi passion, keterampilan, kelebihan, dan kekurangan diri sendiri. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk memilih jenis bidang usaha yang akan digeluti berikut pendekatan strategis untuk memenangkan pasar.

Untuk memperkaya diri, Anda juga perlu sering berkomunikasi dengan entrepreneur sukses lainnya. Semakin banyak wawasan yang didapat, Anda akan merasa semakin banyak yang harus dipelajari. Hal ini akan semakin klop jika Anda melakukannya dengan orang-orang yang memiliki minat dan tujuan bisnis serupa.

BACA JUGA:

Tidak Mudah Menyerah

Oprah Winfrey tidak serta merta menjadi seorang public figure dan entrepreneur sukses seperti saat ini dengan jalan yang mulus. Jalan hidupnya tidak bisa dikatakan mudah, pun demikian dengan J. K. Rowling. Kendati demikian, masa lalu yang kelam tidak lantas membuat mereka berpasrah diri dengan keadaan dan menyerahkan kehidupan pada arus yang akan terus menggerus harapan.

Jika ingin menjadi seorang entrepreneur sukses, maka Anda pun tidak semestinya memiliki mental mudah menyerah. Setiap orang berhak mencapai kesuksesan, tidak peduli seberapa buruk masa lalu yang dimiliki—dan tidak ada jaminan pula setiap individu di keadaan stabil akan meraih kesuksesan. Semuanya bergantung pada usaha yang dilakukan masing-masing untuk mengubah keadaan.

Manajemen Cerdas dan Tepat

Kepiawaian dalam manajemen adalah hal mutlak lain yang perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur. Bila diperhatikan pun, dalam setiap perusahaan, semakin tinggi kedudukan seseorang dalam karirnya, semakin besar keahlian dalam manajemen yang diperlukan dibandingkan kemampuan teknis (maka dari itu disebut manajer).

Manajemen yang dimaksud pun beragam, mulai dari memanajemeni waktu, sumber daya usaha, hingga orang-orang yang berada dalam lingkaran tersebut. Cara setiap orang dalam memanajemeni ini tentu akan berbeda satu sama lain, tetapi selama dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dan mencapai hasil dengan efektif dan efisien, maka tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Fokus, Fokus, dan Fokus

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menjadi entrepreneur sukses adalah fokus, fokus, dan fokus. Akan ada banyak distraksi yang muncul selama proses berjalan, baik urusan personal maupun profesional. Namun justru di sinilah tantangan yang sebenarnya.

Anda harus tetap fokus untuk mengejar apa yang telah menjadi tujuan. Jangan mudah tergoda untuk mengambil seluruh peluang bisnis yang ada karena justru akan merusak konsentrasi. Dengan melakukan secara bertahap, Anda akan lebih tenang dan menghasilkan usaha yang lebih berkualitas.

Itulah lima tips yang dapat Anda terapkan agar menjadi entrepreneur sukses. Meski sepintas terdengar mudah, diperlukan usaha ekstra untuk mengimplementasikannya. Namun tentu saja, hasil yang akan diperoleh pun sebanding dengan perjuangan yang dilakukan.

Semoga bermanfaat!

fShare
9