GoldenLovers, Apakah anda di tahun 2018 ini memiliki rencana untuk memiliki usaha bersama sahabat? Memang cukup menyenangkan dan asyik kalau kita memiliki usaha bersama para sahabat, namun harus disadari lebih awal bahwa dengan mendirikan bisnis bersama sahabat akan lebih sering berselisih pendapat.

Meskipun alasan anda ingin memulai bisnis dengan sahabat karena sudah saling kenal, sudah mengetahui sifat masing-masing, serta dekat secara personal yang akan membuat nyaman dalam bekerja sama.

Bekerjasama dalam berbisnis bukan hanya sekedar itu saja, banyak hal yang diperlukan untuk membangun sebuah usaha yang sukses bersama sahabat. Pastikan dan yakinkan bahwa anda dan para sahabat siap menjalankan usaha bersama-sama, dengan cara:

Bersikap profesional

Tinggalkan rasa tak enak hati saat harus menegur teman karena dia tidak profesional. Pilih mana, canggung sementara atau usaha kalian malah jadi berantakan lalu bangkrut? Jangan takut mengkritik atau dikritik sahabat sendiri, bukan berarti dapat melakukan dan bertindak semaunya, tepati perjanjian yang sudah kalian sepakati bersama.

BACA JUGA:

Pola pikir yang saling melengkapi

Selain pola pikir yang sama, anda juga harus memiliki sikap yang satu ini. Untuk membangun usaha bersama dan berhasil, anda membutuhkan seseorang yang memiliki ide out of the box dan 'kaya' kreatifitas. Dengan cara ini kalian akan saling melengkapi satu sama lain. Keberhasilan bisnis akan ditentukan dari cara berpikir yang beragam.

Visi dan misi yang sama

Sebelum memulai bisnis bersama sebaiknya anda satukan visi dan misi tentang bisnis yang akan dibangun. Dari mulai konsep, proses, tujuan, dan goal yang harus dicapai, segala hal harus kembali lagi ke visi dan misi yang sudah direncanakan bersama agar tidak ada kesalahpahaman.

Fair, percaya, dan transparan

Krisis kepercayaan biasanya yang menjadi risiko paling besar. Keterbukaan dalam segala hal sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah kepercayaan dan berlagu adik bagi kedua belah pihak. Terutama masalah laporan mingguan, keuangan, dan hal lainnya.

Siap menerima risiko bersama

Berani untuk menerima segala kemungkinan. Pastikan segala konsekuensi sebaiknya terlebih dahulu diketahui dan dapat ditanggung bersama agar tidak berakhir menjadi perselisihan di kemudian hari.

Sifat yang objektif

Tetap berusaha untuk bersikap objektif terutama dalam mengambil keputusan. Pilih dan pikirkan masukan ide yang paling realistis untuk dilaksanakan dan diterima.

Buang rasa ego

Kesampingkan sifat egois pada diri masing-masing dan utamakan kemajuan bisnis bersama.

Nah, seperti itu langkah awal saat anda dan sahabat ingin membuat bisnis bersama, pastikan sesuaikan dengan 7 point di atas terlebih dahulu, agar anda tidak terjebak dengan bisnis yang merugi oleh sahabat anda.