GoldenLovers, Salah satu pola hidup sehat yang perlu kita perhatikan yaitu menjaga pola makan kita. Tentunya dengan memenuhi kebutuhan makanan yang bergizi dan seimbang. Tidak hanya memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh, kita juga harus memperhatikan waktunya. Artinya waktu makan juga harus teratur. Seperti dipagi hari, menunjukkan waktunya kita untuk sarapan.

Seringkali diantara kita mengabaikan dan melupakan waktu sarapan. Dengan berbagai alasan, takut terlambat ke kantorlah, terburu-burulah, tidak sempatlah, malaslah, takut sakit perutlah, tidak lapar atau nanti sajalah. Padahal waktu sarapan adalah waktu yang sangat penting untuk kita mengisi dan memperoleh sumber energi dan tenaga yang kita perlukan untuk beraktivitas sepanjang hari.

Orang yang melewatkan waktu sarapannya secara tidak langsung akan menurunkan kualitas hidupnya. Apalagi jika sudah menjadi kebiasaan tidak sarapan sebelum beraktivitas, dampak negatif berikut akan dirasakannya

1. Tubuh menjadi lemas dan gampang ngantuk

Saat tubuh belum mendapatkan energi otomatis tubuh menjadi lemas dan akhirnya kita kehilangan semangat untuk beraktivitas. Saat semangat itu hilang, kita menjadi malas dan gampang terserang rasa ngantuk. Sumber energi dari sarapan ibarat senjata yang kita akan pakai saat berperang ( beraktivitas)

2. Kurang fokus dan konsentrasi menurun

Kurang fokus bukan hanya karena tidak minum Aqua (air mineral) seperti yang kita lihat pada iklan tersebut, tetapi tidak sarapan dipagi hari juga akan membuat konsentrasi menurun dan kurang fokus. Perut yang kosong dan lapar akan membuat konsentrasi seseorang terganggu. Kaitannya jika pasokan nutrisi ke otak berkurang maka kinerja otak juga melemah sehingga konsentrasi pun menurun.

BACA JUGA:

3. Mudah stres

Efek samping ketika kita malas sarapan yaitu pikiran kita tidak fokus, kinerja pekerjaan kita juga menurun, sehingga emosi kita tidak stabil, mudah marah, suasana hati menjadi buruk. Semuanya itu memicu stres terjadi.

4. Berisiko mengalami masalah lambung dan perut

Dampak buruk bagi kesehatan kita jika kita sering lupa sarapan adalah terancam kena penyakit perut, lambung ( maag).

5. Pemicu obesitas

Jika kita pikir bahwa dengan melewatkan sarapan maka akan membuat badan kita kurus, anggapan itu salah, justru melewatkan sarapan dapat meningkatkan berat badan. Tanpa sarapan metabolisme tubuh akan terhambat dan orang yang seringkali tidak sarapan, porsi makannya disiang hari akan lebih banyak karena rasa lapar yang berlebihan.

6. Mudah terserang migrain

Ciri-ciri orang yang seringkali mengabaikan waktu sarapan adalah mudah merasa pusing atau migrain. Bahkan ditandai dengan keringat dingin.

7. Tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi juga dapat terjadi pada mereka yang tidak sarapan dipagi hari. Gejalanya pusing dan mual.

8. Pingsan

Dampak buruk yang terakhir adalah pingsan. Kalau sudah begitu, kita sendiri yang rugi. Ketika daya tahan tubuh lemah dan kita tak mampu lagi menahan, maka tubuh pun tak kuat lagi dan tumbang akhirnya.