GoldenLovers, Sebelum dikonsumsi, buah dan sayur sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran atau pestisida yang biasanya sering digunakan untuk membantu mencegah buah dan sayuran terkena hama.

Banyak orang mencuci sayur dan buah dengan air saja. Namun, ternyata untuk mencuci buah dan sayuran bisa juga dengan menggunakan baking powder.

Menurut sebuah studi yang dilansir dari Express, para peneliti menggunakan tiga jenis larutan yang digunakan untuk mencuci buah-buahan. Ketiga larutan tersebut di antaranya air keran, larutan pemutih, dan satu persen baking powder yang dicampur dengan air.

BACA JUGA:

Hasil penelitian menunjukkan bahwa baking powder terbukti menjadi yang paling efektif tetapi membutuhkan waktu hingga 15 menit untuk menghilangkan semua bahan kimia yang tersisa.

Pemimpin penelitian Dr Lili He, dari departemen ilmu makanan di Universitas Massachusetts di AS mengatakan, "Penggunaan pestisida dalam pertanian dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Namun residu dari pestisida biasanya akan tetap menempel. Dengan adanya kekhawatiran mengenai dampak pestisida terhadap kesehatan banyak orang yang ingin menghilangkan residu dari pestisida tersebut."

Namun, metode standar pasca panen dengan larutan pemutih dan pencucian dengan air biasa selama dua menit tidak efektif menghilangkan pestisida ini. Pada buah apel, bisa menghilangkan sisa pestisida dengan membuang kulit apel, tetapi nutrisi penting seperti senyawa polifenol, serat, pigmen, vitamin dan mineral juga akan hilang.

Untuk itu, penggunaan larutan baking powder yang dicampur dengan air untuk mencuci buah dan sayuran bisa dijadikan pilihan jika Anda tidak ingin ada nutrisi penting yang ikut menghilang juga.