GoldenLovers, Facebook telah mendapatkan lisensi dari label musik utama, guna mendukung inisiatif terkait penggunaan musik berlisensi pada video yang digunaka di Facebook, Facebook Messenger, Instagram, dan Oculus.

Warner Music Group mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Facebook untuk menambahkan seniman yang dinaunginya ke daftar lisensi musik milik facebook. Sebelumnya, label Universal Music Group dan Sony/ATV Music Publishing telah terlebih dahulu mencapai kesepakatan.

BACA JUGA:

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, musisi dan penulis lagu yang dinaungi Warner akan memperoleh royalti dari video yang diciptakan oleh penggemar, dan menggunakan lagu yang mereka ciptakan atau populerkan.

Hal ini menguntungkan pengguna Facebook atau Instagram, sebab memungkinkan mereka menghindari video berisi bagian lagu berlisensi dihapus secara otomatis dari platform akibat pelanggaran hak cipta.

Selain itu, kesepakatan ini juga dinilai akan mendorong lebih banyak pengguna untuk menciptakan dan berbagi karya mereka di platform, hal yang menjadi fokus Facebook selama beberapa bulan terakhir.

Telah mencapai kesepakatan dengan tiga label, Facebook masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyelesaikan kesepakatan dengan label musik lainnya.

Saat ini, Facebook dilaporkan tengah berdiskusi untuk menyelesaikan kesepakatannya dengan Merlin, agar dapat menambahkan seniman lain pada daftar musisi berlisensi miliknya. Diskusi tersebut telah mencapai perkembangan baik dalam kurun waktu beberapa bulan.

fShare
0