GoldenLovers, Tak bisa dimungkiri bahwa gado-gado adalah salah satu kuliner Indonesia dengan cita rasa jempolan. Bukan hanya masyarakat lokal yang mengakui kelezatannya, masyarakat luar negeri pun beranggapan demikian.

Mereka yang di barat mengenal gado-gado berkat Jamie Oliver, koki selebritas asal Inggris yang memperkenalkan kenikmatan gado-gado melalui akun twitter @jamieoliver.

Jamie mengungkapkan kecintaannya pada gado-gado. Pun menggunggah video cara membuat gado-gado, dengan kapsi "Anda belum pernah mencicip salad seperti ini sebelumnya."

Jamie juga menunjukkan bahwa salad tersebut adalah gado-gado dari "Mega Indonesia", yang juga bisa ditonton dalam acara masak-memasaknya di Channel 4, Jamie's Comfort Food.

Dalam video berdurasi dua menit 34 detik tersebut, tampak Jamie sedang beraksi membuat gado-gado dengan resep modifikasinya sendiri. Tak lupa ia menjelaskan bahwa gado-gado adalah "makanan jalanan favorit asal Indonesia".

Dan begitu mencicip hasil buatannya, ekspresi Jamie mengungkap betapa ia menikmati makan gado-gado, "Aku sangat menyukainya. (Gado-gado) benar-benar lezat," akunya.

Tak hanya di Twitter, Jamie juga menggunggah video gado-gadonya di Youtube, juga akun facebook dan Instagram miliknya. Bahkan setelah ditelusuri, pada 2014, 2015 dan 2017 Jamie juga pernah berbagi foto soal gado-gado dalam akun-akun media sosial tersebut, dan menjelaskan bahwa gado-gado adalah "makanan juara".

Kesemuanya menampilkan jumlah tayangan hingga ribuan kali. Dengan jumlah suka yang juga mencapai ribuan. Pun menuai komentar yang sangat banyak dan beragam.

Warganet asing tampak antusias terhadap resep gado-gado buatan Jamie. Mereka menganggapnya menu baru yang unik dan lezat. Bahkan mencobanya sendiri dan kembali mengapresiasi.

BACA JUGA:

Sementara itu, menukil Kumparan.com, kebanyakan warganet lain yang berasal dari Indonesia, justru melayangkan beragam komentar. Kebanyakan berupa kritik.

Pasalnya, gado-gado Jamie lebih akrab dengan nuansa barat. Pun campur aduk dengan menu Indonesia lain yang serupa.

Pada unggahan Jamie, ia memasukkan beberapa bahan gado-gado yang tak lazim. Misalnya tomat, bit, tofu goreng dan tofu mentah. Tanpa ada kangkung dan bayam.

Terlebih lagi untuk bumbu, ia menambahkan kecap, kecap ikan, dan minyak zaitun. Pun mengganti kacang tanah goreng dengan selai kacang, asam jawa dalam bentuk pasta tamarind, juga gula merah dengan gula palem. Kesemuanya bukan diulek sebagaimana cara tradisional, melainkan diblender.

Ada warganet yang bilang rasanya tak akan senikmat jika diulek. Cita rasanya pun berubah karena menggunakan selai. Ada pula yang mengatakan bahwa gula palem berbeda dengan gula merah dan aren.

Selain itu, sejumlah warganet berkomentar bahwa itu lebih mirip karedok dan lotek. Bahkan mempertanyakan dari mana Jamie belajar resep tersebut.

Sedikit mengulas, mengutip Indonesiakaya.com, gado-gado khas Indonesia berisi aneka sayuran dan disiram dengan saus kacang nan gurih. Sepintas tampilannya mirip dengan lotek (Jawa Barat), karedok, atau Pecel (Jawa Timur).

Namun, ada bedanya. Karedok identik dengan sayur mentah, tak sama dengan sajian lain yang direbus. Sementara pecel biasa disajikan beralas daun pisang dan punya aroma khas daun jeruk pada bumbu kacang. Lotek mirip pecel, tetapi lebih menonjolkan aroma kencur pada bumbu. Di dalamnya pun wajib ada bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai.

Untuk gado-gado, pada bumbu tidak menggunakan kencur dan daun jeruk. Selain itu, bahan utamanya menggunakan telur, tahu, kentang, juga tempe serta lontong. Sayuran yang digunakan umumnya kubis, kangkung, bayam, tauge, dan kacang panjang yang seluruhnya direbus. Dengan irisan mentimun mentah.

Tak ada yang tahu persis asal-muasalnya, tetapi banyak yang menyebutkan gado-gado identik dengan Tanah Betawi.

Memang, jika menyelisik situs resmi Jamieoliver.com, Jamie menuliskan bahwa gado-gado berakar dari Sunda, dan telah menjadi makanan khas Jakarta di Indonesia.

Terlepas dari semua, banyak pula warganet Indonesia yang memuji langkah lelaki berusia 42 tahun tersebut dalam mempopulerkan gado-gado ke mata dunia.

Boleh jadi, Indonesia bakal punya satu lagi makanan khas yang enak dan diakui dunia layaknya rendang dan nasi goreng yang pernah menduduki peringkat pertama dan kedua, juga sate yang menempati posisi ke 14 makanan terlezat di dunia pada 2017 versi CNN Travel.

Apalagi, melansir Liputan6.com, Jamie rupanya memang koki kenamaan yang kerap mengampanyekan makan sehat. Pada 2015, ia meluncurkan sebuah petisi global di Change.org, yang bertujuan mendorong pemerintah negara-negara G20 termasuk Indonesia untuk menjadikan pendidikan tentang makanan sehat sebagai pelajaran wajib bagi anak-anak di sekolah.

Perhatian itu berangkat dari kepeduliannya akan obesitas yang kerap menimpa balita di seluruh dunia. Lewat petisi tersebut Jamie percaya, pendidikan bisa mencegah obesitas yang meningkatkan potensi penyakit diabetes tipe 2 hingga kematian.

Karenanya tak heran, dalam situsnya yang diberi judul besar "Gorgeous Gado-gado, an Indonesian Mega Salad" dan juga tertuang dalam buku resepnya, tertera kandungan gizi per sajian gado-gado.

Mulai dari persentase kalori, lemak hingga karbo dan gula. Sebab pada intinya, gado-gado memang makanan sehat dan lezat dari Indonesia yang layak mengetren di dunia.

fShare
0