GoldenLovers, Walaupun anda takut gagal dan langsung berhadapan dengan rintangan ketika baru membuka usaha bisnis, maka satu kata yang harus kita ingat ialah “Jangan Pantang Menyerah!”. Karena sejatinya untuk menjadi seorang pengusaha, anda memang perlu untuk menyiapkan strategi dan memperkuat mental dalam menghadapi segala resiko dan rintangan yang ada.

Nah, sebagai pebisnis anda pun harus berhati-hati dan hindari kesalahan fatalnya, berikut tindakan pencegahannya:

1. Tidak Memahami Seluk-Beluk dan Problematikanya

Salah satu kesalahan paling umum ialah terkadang banyak orang yang ingin membuka usaha, karena tergiur dengan kesuksesan orang lain sehingga langsung membuka usaha tanpa strategi dan tanpa memahami seluk-beluk dan problematika seperti apa yang akan dihadapi.

Seharusnya sebelum membuka dan membangun usaha bisnis, selain merencanakan strategi bisnis anda harus terlebih dahulu tahu bagaimana keadaan bidang usaha yang akan anda geluti. Selalu ikuti seminar bisnis, workshop, membaca buku, dan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya di Internet.

2. Tidak Sigap Dalam Mengambil Peluang

Hal yang paling menyayangkan dan sering pula dilakukan oleh wirausaha pada umumnya adalah tidak sigap dalam mengambil peluang, entah karena takut gagal atau terlalu banyak berpikir hingga tak ada action sama sekali dalam mengeksekusi peluang yang ada. Padahal dalam mengembangkan bisnis, bukan hanya kerja keras yang kita lakukan, tetapi dengan memanfaatkan momentum itu juga sangat penting dalam melebarkan sayap bisnis.

BACA JUGA:
Tips Memulai Usaha Franchise Bagi Pemula
Inspirasi Usaha Rumahan di Tahun 2018

3. Tidak Peka Terhadap Konsumen

Bisa saja sobat memiliki startegi pemasaran yang hebat tapi itu gak akan berhasil jika kita tidak mengikut-sertakan keinginan konsumen di dalam strategi pemasaran kita. Konsumen adalah kunci keberhasilan bisnis, makanya banyak pakar marketer yang bilang bahwa konsumen adalah raja.

Jika anda mampu menaklukan hati raja maka seluruh negeri adalah kepunyaanmu, begitu pula jika mampu menaklukan hati konsumen maka kesempatan menguasai pasar semakin besar, apalagi bila dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

4. Tidak Mengembangkan Jaringan Bisnis

Jaringan dalam dunia bisnis adalah fondasi, karena dengan jaringan bisnis yang luas, bisnis mampu untuk bertahan dan berdiri tegak. Dan semakin luas jaringan yang dimiliki, kesempatan dalam menumbuhkan bisnis pun semakin mudah.

5. Meremehkan Marketing

Hal yang paling fatal dan jangan sampai sobat lakukan adalah meremehkan marketing. Padahal tiap waktu dan tiap tahun, strategi pemasaran kian berkembang dan makin banyak jenisnya. Ditambah lagi pemasaran adalah ujung tombak bisnis anda.

Apalagi dikolaborasikan dengan teknologi, marketing sekarang muncul dengan gaya dan jangkauan yang lebih luas yaitu Digital Marketing. Dengan Digital Marketing, anda dapat mempromosikan produk/jasa bisnis di khalayak jutaan bahkan milyaran orang hanya dengan sentuhan jari, Bayangkan!

Loading...
loading...
loading...