GoldenLovers, Campuran berbagai aroma di dalam rumah bisa menimbulkan bau yang kurang sedap. Tak hanya bisa mengganggu indra penciuman, aroma tak sedap juga menjadi pertanda ada kuman dan bakteri di sekitar rumah.

Pemicu bau bisa dari makanan yang beraroma tajam, bau dari kamar mandi, sampah dan banyak faktor lain. Kondisi ini tentu menjengkelkan. Karena Anda sebagai pemilik rumah tentu berharap bisa menghadirkan rumah yang bebas bau dan bersih.

Untuk menciptakan rumah bebas bau, menurut Carolyn Fote, Direktur dari Good Housekeeping Institute Cleaning Clab, dinukil dari Goodhousekeping.com Anda perlu menghilangkan bau busuk.

BACA JUGA:

Mengikuti saran Carolyn, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu sumber bau tersebut.

Coba Anda ke dapur. Sebab, dapur adalah salah satu lokasi yang sering menimbulkan bau tidak sedap. Biasanya sumber bau 75 persen berasal dari sampah yang tidak dibuang. Sampah seperti sisa makanan, sayuran dan buah-buahan bisa menimbulkan bau yang menyengat. Jadi jangan tunda untuk membuangnya.

Setelah membuang sampah, Anda bisa melakukan trik sederhana ini. Tambahkan arang di tempat sampah. Arang dipercaya dapat menyerap bau tidak sedap dengan cukup cepat. Jadi, sangat efektif untuk menjaga kenetralan bau di tempat sampah.

Selain sampah, peralatan dapur juga perlu dicermati. Segera cuci bersih alat masak dan piring setelah dipakai. Peralatan dapur yang terendam air beberapa lama akan menghasilkan bau yang tidak sedap di dalam rumah.

Kemudian, cek saluran pembuangan Anda. Sebab salah satu sumber bau tidak sedap bisa saja berasal dari saluran pembuangan. Bila tercium bau dari saluran pembuangan Anda bisa melakukan tip yang dilansir dari Thekitchn.com. Larutkan satu sendok sabun cuci piring beraroma lemon ke dalam pembuangan, kemudian siram dengan air mengalir. Jika belum berhasil Anda juga dapat menggunakan baking soda disiram bersama air hangat.

Setelah dapur, Anda bisa melangkah ke ruangan selanjutnya yaitu kamar tidur. Ganti seprai Anda secara berkala. Sebab, seprai ternyata juga sumber kuman.

Membiarkan seprai dalam waktu lama akan menimbulkan bau tak sedap. Ganti seprai secara berkala agar tetap terjaga kebersihannya. Dan bila Anda memakai karpet di ruangan, itu pun harus menjadi perhatian. Karena karpet menjadi sarang bakteri, jamur dan debu yang paling umum di rumah.

Selain sebagai tempat berkumpulnya segala jenis bakteri ini yang bisa membahayakan kesehatan. Karpet yang jarang dibersihkan juga bisa juga menimbulkan aroma tak sedap. Untuk membersihkan, Anda bisa menggunakan baking soda.

Langkah berikutnya adalah menggunakan lilin beraroma di tempat yang strategis. Misal di ruang keluarga, ruang tamu atau ruang makan. Selain membuat rumah harum, aromaterapi juga bisa memberikan keuntungan lain, yaitu menenangkan pikiran.

Jika Anda ingin menciptakan aroma wangi alami di dapur rumah, meletakkan tanaman bisa menjadi solusi. Selain mempercantik interior di dalam rumah, tanaman juga bisa menjadi cara sederhana untuk membuat rumah menjadi harum. Tapi dengan catatan, Anda harus tahu jenis tanaman yang tepat dan bisa menghasilkan aroma menyegarkan untuk rumah.

Pilihlah tanaman aromatik seperti mawar dan honeysukle. Berbagai jenis tanaman lain, seperti Arabian Jasmine atau melati Arab bisa memberikan aroma yang kuat di dalam rumah.

Anda juga bisa memilih tanaman herbal seperti rosemary dan lavender juga bisa membantu membuat rumah bebas bau dan memberikan manfaat bagi kesehatan bagi si penghuni rumah.

Setelah melakukan berbagai cara yang disebutkan di atas, jangan lupa untuk memperhatikan sirkulasi udara. Karena cara efisien untuk mengusir bau tak sedap dalam rumah adalah dengan membiarkan udara memenuhi seluruh ruangan.

Setiap pagi dan sore jangan lupa untuk membuka jendala lebar-lebar dan pintu. Maka udara segar akan dengan cepat menghilangkan bau tidak sedap. Anda juga bisa menambahkan pewangi ruangan di ventilasi. Biarkan udara segar membawa harumnya pewangi ruang ke dalam rumah.

Anda bisa sontek laman ini untuk membuat sendiri pewangi ruangan yang alami untuk menciptakan rumah yang wangi dan segar.

fShare
0