GoldenLovers, Saat ini dengan kemudahan media sosial dan kecanggihan gadget sangat mudah orang saling terhubung. Salah satu yang juga bisa terjadi adalah saling memberi komentar entah itu baik atau buruk, dan ini bisa menjadi sebuah penghakiman pada seseorang.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com, sikap suka saling menghakimi dapat ditandai dengan empat hal, diantaranya:

1. Menghakimi membuat pembenaran bagi diri sendiri

Ketika menghakimi seseorang, kita mendapatkan kebenaran diri secara langsung, tapi secara tak sadar bahwa kita juga telah memisahkan dari diri kita dari sisi sensitif yang sebenarnya, yaitu rasa saling menyayangi terhadap sesama.

2. Bisa mengisolasi

Masa kelam yang dialami ketika masih kecil terkadang membuat Anda menjadi menderita. Untuk melupakannya dan menguburnya lebih dalam lagi, Anda malah melampiaskannya kepada orang lain dengan menunjukkan segala kekurangannya.

Ketakutan kita membuat kita menyerang orang lain, tapi menghidupkan kembali trauma di masa lalu hanya menciptakan lebih banyak kesepian dan keterputusasaan. Ini bisa membuat Anda tambah memiliki rasa terisolasi.

BACA JUGA:

3. Menghakimi orang mencegah penyembuhan

Kita cenderung menghakimi orang karena terpisah dari cinta. Untuk menghentikan siklus ini, kita harus menumbuhkan cinta dari dalam diri sendiri. Langkah kedua adalah untuk menerima dan memaafkan penyebab Anda terpisah dari cinta tersebut.

4. Menghakimi orang membuat Anda tak berdaya

Banyak orang merasa lebih aman saat mereka menghakimi orang. Seolah-olah mereka mampau mengendalikan keadaan, namun sikap itu hanya akan menimbulkan lebih banyak kebencian. Dari pada menghakimi orang lebih lakukan kegiatan positif yang dapat mengangkat semua orang di sekitar juga.