GoldenLovers, Jerawat pada wajah memang cukup mengganggu penampilan. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa sebaiknya tidak boleh memencet jerawat, terkadang tangan begitu gatal dan akhirnya memencet jerawat. Ada sensasi yang menyenangkan ketika isi jerawat berhasil dikeluarkan. Memencet jerawat memang tidak dilarang, tetapi pastikan hal berikut ini seperti dilansir dari Huffington Post.

1. Jerawat sudah matang

Cirinya adalah jerawat memiliki ujung putih, yang dikenal sebagai pustule atau yang lebih umum adalah whitehead. Jika jerawat yang Anda coba keluarkan adalah jerawat yang lebih dalam (jenis merah yang besar dan menyakitkan), sebaiknya hindari untuk memencetnya sama sekali karena dapat menyebabkan peradangan, ujar dermatolog berbasis di Washington, Dr Melda Isaac.

2. Perhatikan kebersihan

Selanjutnya, Anda perlu memastikan area jerawat dan tangan Anda dibersihkan dengan baik. "Jika jerawat memiliki 'whitehead' yang jelas, Anda bisa mencuci daerah itu dengan sabun dengan air dan mengusap-usapnya secara lembut dari kedua sisi," ujar Dr Angela Lamb, direktur dermatologi di Institute of Family Health dan seorang asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai Hospital.

3. Gunakan peralatan yang tepat

Lamb menyarankan untuk menggunakan handuk dan air hangat untuk mengompres jerawat yang akan dikeluarkan untuk mengurangi peradangan dan membuka pori-pori kulit. Ia juga merekomendasikan untuk menggunakan kapas untuk membersihkan nanah pada jerawat.

4. Mengetahui kapan harus berhenti

Jika terjadi pendarahan setelah Anda memencet jerawat, Anda bisa menggunakan salep dengan kandungan benzoil peroksida yang mengandung sifat antibakteri dan bisa membantu peradangan, ujar Lamb.

5. Tindakan pencegahan

Lamb mengatakan hal terbaik dan teraman yang harus dilakukan adalah menunggunya dan menemui seorang profesional. Anda juga dapat mencoba perawatan topikal untuk membantu mengeringkan jerawat, yang dapat membantu mengurangi keinginan untuk memencetnya. Perawatan ini harus digunakan dalam jumlah kecil sekali atau dua kali sehari, kata Lamb.