GoldenLovers, Banyak sekali aturan-aturan yang perlu Anda perhatikan dalam acara makan resmi. Entah itu Anda hanya orang biasa ataukah memiliki gelar kebangsawanan, mempelajari etika ketika makan dalam acara resmi tentunya sangat perlu.

Berikut ini adalah etika-etika saat makan yang perlu Anda lakukan saat acara makan, dikutip dari Reader's Digest:

1. Jangan berbicara

Mengomentari makanan yang dihidangkan pada acara makan malam resmi adalah sesuatu yang dianggap tidak sopan. Jika ada yang tidak sesuai dengan makanan yang dihidangkan, sebaiknya sesaat setelah mendapatkan undangan makan malam Anda memberitahukan penyelenggara makanan apa saja yang tidak Anda boleh makan. 2.

2. Menukar tempat duduk

"Jangan mengeluh tentang siapa Anda duduk di sebelah kursi yang sudah diatur sebelumnya," kata Sharon Schweitzer, pelatih lintas budaya, pakar etiket, dan pendiri Access to Culture. Penyelenggara acara pasti sudah menentukan posisi tempat duduk sebaik mungkin.

BACA JUGA:

3. Tidak menggeser makanan dengan benar

Menurut Schweitzer, pelengkap makanan harus digeser ke sekeliling meja makan berlawanan dnegan arah jarum jam. Jika ada pelengkap makanan yang tidak Anda sukai, tetaplah geser ke meja sebelah Anda, katanya.

4. Mengecek ponsel

"Sangat tidak sopan terus-menerus melihat layar ponsel Anda atau menggunakan situs media sosial selama pertemuan makan siang atau makan malam yang penting dengan rekan kerja dan teman," kata Schweitzer. Tahanlah untuk tidak mengecek ponsel Anda selama acara tersebut.

5. Meninggalkan meja makan

"Selalu persiapkan diri Anda dengan pergi ke kamar kecil dan cuci tangan sebelum memulai makan," kata Schweitzer. "Hindari meninggalkan meja makan lebih dari sekali selama makan karena bisa dianggap tidak sopan," tambahnya. Namun jika Anda harus pergi ke toilet atau izin meninggalkan meja makan, keluarlah melalui sisi kanan kursi Anda dan masuk melalui sisi kanan kursi Anda.

6. Tidak mengucapkan terima kasih

Hal ini merupakan sesuatu yang mendasar. Mengucapkan terima kasih yang mendalam dapat memberikan kesan tersendiri bagi penyelenggara acara. Jika tidak sempat mengucapkan terim kasih secara langsung Anda bisa mengirim pesan singkat segera setelah acara makan malam atau makan siang resmi Anda selesai.

fShare
0