Delvyana

GoldenLovers, Modal kerap menjadi alasan banyak anak muda ketika akan merintis bisnis sendiri. Padahal, bila jeli dalam melihat situasi dan kondisi, bisnis tanpa modal pun bukan hal mustahil. Lalu bagaimana cara merintis bisnis sendiri tanpa menggunakan modal?

Di pasar Tanah Abang, Delvyana termasuk salah satu pengusaha sukses. Meski saat ini dia memilih meneruskan bisnis orang tuanya, namun ia tetap ingin melakukan aktualisasi diri dengan merintis bisnis sendiri.

BACA JUGA:

Bisnis Delvyana pun sudah merambah pasar ekspor, dari Malaysia, Nepal hingga Mauritius. Sebagai pengusaha muda, wanita kelahiran 1990 itu memberikan contoh bisnis yang bisa anda tekuni mesti tanpa modal.

Modal utama adalah internet dan ponsel pintar yang anda miliki. "Berbisnis tidak selalu butuh modal. Misalnya, menjadi reseller," ujarnya.

Menurut Delvyana, dengan menjadi reseller, anda cukup membantu mempromosikan produk orang lain. Begitu ada pembelian, anda bisa memproses transaksi tersebut dan mendapatkan keuntungan dari transaksi itu.

"Jadi, kita cukup mengandalkan foto yang bagus. Kita cari sudut yang bagus terus kita unggah ke Instagram. Jangan lupa sertakan tanda pagar (tagar) agar dapat ditemukan orang. Begitu ada konsumen beli dan bayar, baru kita belikan. Yang penting mental, karena dagang tidak selalu ramai," pungkasnya.