GoldenLovers, Beberapa orang mungkin berpikir bahwa rasa bahagia adalah hal yang sulit untuk didapatkan. Pergi berlibur, membelanjakan sebagian uang, atau berkumpul bersama orang-orang terdekat mungkin hanya satu dari sekian banyak cara untuk mendapatkan kebahagiaan.

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya kebahagiaan datang dari dalam diri. Melansir Inc.com, Senin 15 Januari 2018, beberapa ciri berikut ini menunjukkan bahwa Anda sudah menjadi orang yang bahagia meskipun anda tak memiliki banyak uang untuk berlibur atau belanja.

Bersyukur

Rasa syukur berperan penting dalam mewujudkan sebuah kebahagiaan. Anda hanya harus menghargai sesuatu yang sudah anda miliki saat ini. Jika anda tak pandai bersyukur, anda akan selalu mencari sesuatu lebih banyak lagi dan tak peduli dengan seberapa banyak yang sudah anda miliki.

Anda mungkin membenci orang tua anda hanya karena mereka tak memiliki banyak harta ketimbang bersyukur bahwa mereka masih hidup dan sehat. Ungkapkan rasa syukur anda secara terbuka dan sering atas semua hal dalam hidup anda, itu akan membuat anda lebih bahagia ketimbang mengutuki nasib.

Fokus

Orang yang bahagia cenderung hidup pada saat ini. Mereka tidak disibukkan dengan hal-hal yang telah dilalui di masa lalu dan mengkhawatirkan hal di masa depan. Tak masalah jika anda ingin nostalgia dengan masa lalu atau membayangkan hari indah di masa depan. Tapi jika anda tidak fokus dengan apa yang anda miliki saat ini, anda tidak akan pernah merasakan kebahagiaan yang sebenarnya.

Humor

Humor itu penting, tak peduli siapa anda atau dimana anda bekerja. Orang yang benar-benar bahagia biasanya bisa menemukan humor dalam berbagai hal. Jangan ragu untuk berteman dengan orang yang sama-sama menghargai humor.

Menghargai lelucon dan tidak ragu untuk terbahak saat menganggap ada sesuatu yang lucu tak hanya baik bagi kesehatan emosional anda namun juga kesehatan fisik. Tertawa dapat melepaskan hormon endorfin yang membantu anda rileks dan mengatasi stres dengan lebih baik. Bahkan hanya dengan tersenyum sederhana efek ini akan anda dapatkan.

BACA JUGA:

Percaya diri

Ketika anda yakin bahwa semua hal akan berjalan baik-baik saja anda sudah satu langkah lebih maju untuk menjauhi stres. Bila anda merasa yakin, keraguan dan kekhawatiran tidak akan membebani pikiran anda. Orang yang percaya diri cenderung tampil lebih baik saat menghadapi masalah. Inilah mengapa kepercayaan diri umumnya berhubungan baik dengan kebahagiaan.

Mampu beradaptasi

Perubahan dalam hidup umumnya jauh lebih sering dan tak terduga dari apa yang diharapkan. Mereka yang mudah beradaptasi tak perlu merasa khawatir dengan ketidakpastian dalam hidup. Mereka hanya perlu menemukan jalan ke depan dan terus melanjutkan hidup.

Optimistis

Menjadi orang yang optimis akan sulit jika anda terbiasa berpikir sinis. Anda hanya perlu berlatih untuk mengubah pandangan anda terhadap berbagai hal. Cukup percaya bahwa semua hal akan berhasil pada akhirnya akan membuat anda lebih mudah mengelola stres. Sikap optimistis dalam segala hal akan membuat anda lebih bahagia.

Bahagia tak ada nilainya

Orang yang merasa bahagia tidak akan terobsesi dengan penghargaan. Mereka lebih peduli dengan bagian kehidupan yang tak ternilai; persahabatan, kesenangan, dan keluarga.

Kebahagiaan bukan tentang mencapai tujuan tapi tentang menikmati perjalanan hidup. Tetap bersyukur pada apa yang anda miliki saat ini, positif akan setiap masalah yang datang akan membantu anda untuk mendapatkan kebahagiaan yang layak.