GoldenLovers, Salah satu cara memenuhi kebutuhan di masa depan, khususnya terkait keuangan, adalah dengan investasi. Saat ini, memang ada banyak pilihan instrumen investasi. Namun, melalui instrumen ini, anda juga bisa membantu negara dalam meningkatkan pendidikan di Tanah Air.

Mulai 14 hingga 25 Mei 2018 mendatang, Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu) secara resmi menawarkan Surat Utang Negara jenis Savings Bond Ritel Seri SBR003 secara daring (online).

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman, SBR003 ini menyasar investor anak muda (milenial). "Kami ingin menjangkau investor baru dan memperdalam pasar, khususnya generasi muda," kata Luky.

BACA JUGA:

Menurut Luky, salah satu tujuan penerbitan SBR003 ini adalah untuk menambal defisit keuangan negara. "Cara pemerintah menutup defisit adalah dengan obligasi," ujarnya. Luky melanjutkan, dengan membeli SBR003, anda bukan hanya berinvestasi, juga berkontribusi untuk negeri.

"Saya ingatkan, instrumen yang disediakan pemerintah ini bukan hanya investasi, namun juga bagian dari peran serta dalam membangun republik," kata dia. Hasil penjualan SBR003 ini, nantinya akan dialokasikan untuk memperkuat APBN, antara lain untuk menambah dana pendidikan dan infrastruktur.

Melalui instrumen ini, pemerintah punya target meraih penjualan hingga Rp5 triliun atau naik dari penerbitan SBR002 sebesar Rp3,8 triliun.

Luky meringkas keuntungan SBR003, seperti minimal investasi Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar, jatuh tempo (tenor) 2 tahun dengan Early Redemption setelah setahun, kupon dasar 6.80% p.a. dan tidak akan pernah turun.

"Tidak perlu datang ke bank karena bisa investasi secara daring. Selama ini, beli SUN (Surat Utang Negara) dan SBN (Surat Berharga Negara) perlu datang ke bank, tidak praktis. Sekarang sudah dimudahkan. Lebih terjangkau, lebih mudah," pungkas Luky.

fShare
0