GoldenLovers, Pernahkah anda mendengar quotes: "Do what you love and the money will follow."? Tidak sedikit mereka yang telah sukses terlebih dahulu mengatakan, bahwa jika ingin bahagia dan sukses dalam pekerjaan maka kita seharusnya melakukan pekerjaan yang kita sukai.

Karena, ketika anda mencintai pekerjaan, maka anda akan bekerja lebih baik dan semangat karena tanpa tekanan. Semakin baik hasil kerja, semakin banyak keuntungan yang anda dapat. Bahkan, jika anda tidak menghasilkan banyak uang, setidaknya anda mengerjakan sesuatu yang anda sukai. Itulah yang terpenting.

Salah satu cara bekerja atau menghasilkan uang dengan bahagia adalah bekerja dengan memanfaatkan hobi atau keahlian yang anda miliki. Saat ini, banyak hobi yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, salah satunya adalah hobi kerajinan tangan.

Jika anda salah satu orang dari banyak orang di dunia ini yang memiliki impian untuk menghasilkan uang dari kerajinan tangan, inilah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membawa hasil hobi kerajinan tangan menjadi bisnis yang menguntungkan:

1. Berjualan via online

Siapa bilang memulai bisnis itu sulit? Terima kasih kepada teknologi, saat ini anda lebih mudah mendapatkan media berjualan. Tahap awal yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis jika tidak memiliki banyak modal adalah membuat blog, website atau toko online .Media sosial sangat membantu bagi anda yang tidak memiliki modal untuk membuat toko online berbayar. Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau media lainnya yang menurut anda sesuai untuk bisnisnya.

BACA JUGA:

Meski gratis, media sosial seperti Instagram terbukti ampuh untuk memasarkan produk kerajinan tangan anda. Mengutip dari CNNIndonesia.com Jumat (20/01/2017), Mark Zuckerberg mengatakan, saat ini lebih dari 500 juta memakai Instagram setiap bulan, dan 300 jutanya menggunakan layanan ini setiap hari. Komunitas Instagram bertambah lebih dari dua kali lipat selama 2 tahun terakhir.

Dan menurut We Are Socialm, pengguna internet di dunia saat ini sendiri ada 3,25 miliar. Angka ini naik dari yang tadinya 3,17 miliar menurut data sebelumnya pada bulan Agustus.

Jadi, memanfaatkan internet untuk memasarkan produkmu adalah pilihan yang sangat tepat saat ini. Selain murah, mudah dan efektif, memasarkan lewat internet juga bisa menjadi salah satu test market untuk melihat tanggapan pasar terhadap produkmu sebelum memutuskan untuk langkah selanjutnya.

2. Buka toko offline

Kekuatan berjualan secara online sudah tidak diragukan lagi, mengingat jangkauan pasarnya yang besar. Namun, jika anda memang serius menggeluti bisnis kerajinan tangan, ada baiknya anda mulai memikirkan untuk membuka toko offline atau toko fisik.

Jika menurut anda belum bisa membuka toko besar atau sendiri, anda bisa memanfaatkan area di depan rumah sebagai toko untuk memajang hasil kerajinan tangan. Atau anda juga bisa menyewa toko dengan sistem berbagi tempat dengan teman atau pelaku usaha lain agar lebih murah.

3. Berjualan di pameran

Jika anda ingin bisnis kerajinan tangannya sukses, anda harus bekerja keras. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen secara luas adalah dengan mengikuti pameran.

Menjual kerajinan tangan di pameran memungkinkan produk anda dikenal langsung oleh konsumen potensial yang mencintai dan memburu hasil kerajinan tangan yang unik. Berjualan di pameran juga memungkinkan anda untuk mencari investor yang mungkin tertarik untuk berinvestasi pada bisnis anda.

4. Belajar tentang pemasaran

Salah satu hal yang paling penting untuk membuat bisnis kerajinan tangan sukses dan dikenal banyak orang adalah marketing atau pemasaran. Menjadi pebisnis mengharuskan anda mengerti strategi-strategi marketing.

Memang tidak mudah, tapi anda bisa belajar sedikit-demi sedikit. Jika anda tidak memiliki banyak dana untuk belajar langsung, anda dapat mempelajari strategi marketing yang cocok dengan bisnis via internet. Dan tentu, setiap interaksi yang anda lakukan dengan pelanggan setiap harinya juga merupakan proses belajar.

Bagaimana, siap membuka bisnis kerajinan tangan sendiri? Selamat berbisnis!